JAYAPURA (PT) – Atlet Papua yang dipersiapkan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2019, sudah masuk penampungan yang disiapkan Dinas Pemuda dan Olahraga Papua (Disorda) Provinsi Papua untuk melalukan Training Center (TC) atau pelatihan terpusat.

 

Sekretaris Disorda Provinsi Papua, Idris Salama mengakui, jika sebagian atlet Popnas Papua saat ini sudah berada di penampungan.

 

“Ada atlet dari beberapa cabor yang sudah berada di penampungan, batas waktu untuk semua cabor sudah berada di penampungan Kamis besok,” kata Idris Salama kepada pers di Jayapura, Selasa, (18/6).

 

Dikatakan, jumlah atlet dan official Popnas Papua sebanyak 422 orang akan ditempatkan di beberapa hotel, seperti Hotel Meta Star Waena akan menampung atlet dari cabang olahraga atletik, dayung dan sepak bola, Hotel Gamalama Abepura tempat tinggal cabang olahraga basket, tarung drajat, tenis meja, pencat silat dan panahan, Hotel Matoa untuk cabor taekwondo, karate, bola voli, tenis lapangan, bulu tangkis, renang dan sepak takrauw.

 

Hotel Port Numbay ditempati cabang olahraga tinju, gulat, angkat besi, Hotel Aboru Sentani untuk cabor voli pasir dan cabang olahraga judo akan ditampung di Bapelkes Padang Bulang Abepura.

 

“Kita tempat atlet di hotel berdekatan dengan tempat latihan,” imbuh Idris.

 

Secara terpisah, Sekretaris TC Popnas Papua, Isak Haurisa mengaku jika untuk peralatan latihan cabor akan tiba akhir bulan ini.

 

“Target kita akhir bulan ini tiba, memang peralatan ini pihak ketika yang melakukan pengadaan, jika sudah tiba akan kita distribusikan langsung ke masing-masing cabang olahraga,” kata Isak.

 

Dikatakan, pihaknya memang memprioritasnya peralatan latihan maupun peralatan bertanding agar secepatnya didatangkan, sehingga atlet bisa melakukan adaptasi dengan peralatan.

 

“Atlet kan memang perlu penyesuaian dengan peralatan, makanya kami sudah minta kepada pihak pengadaan agar peralatan secepatnya didatangkan,” ucapnya.

 

Diketahui, cabang olahraga yang dipertandingkan di Popnas antara lain cabor terukur meliputi angkat besi, atletik, dayung, renang.

 

Cabor Beladiri terdiri dari gulat, judo, karate, pencak silat, taekwondo, tarung drajat, tinju dan Cabor Akurasi panahan.

 

Sedangkan, Cabor Permainan meliputi bola basket, bola voli indoor, bola voli pasir, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, sepak bola, sepak takrauw, sedangkan catur eksebisi. (lam/rm)

LEAVE A REPLY