KEEROM (PT) – Satgas Pamtas Yonif 126/KC melaksanakan pengobatan kepada warga pada saat melaksanakan Patroli Patok di Dusun Mamlo, Kampung Yabanda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Rabu, 19 Juni 2019.

 

Salah satu tugas pokok Satgas Pamtas Yonif 126/KC adalah untuk menjaga perbatasan Negara RI-PNG wilayah darat dan mengamankan patok-patok perbatasan RI-PNG.

 

Untuk menjaga dan mengamankan sepanjang perbatasan itu, Satgas Yonif 126/KC melaksanakan patroli ke patok MM.4.2 yang dipimpin oleh Komandan Pos Yabanda, Letda Inf Degon Sipahutar beserta 20 orang personel.

 

Dengan menempuh jarak kurang lebih 17 Km dari Pos Yabanda ke Patok MM.4.2 dan medan yang berat melalui jalan setapak, sungai, rawa dan hutan tidak menjadi penghalang untuk melaksanakan tugas menjaga kedaulatan NKRI.

 

Selama 6 jam perjalanan akhirnya, prajurit Satgas Yonif 126.KC berhasil menemukan Patok MM.4.2. dalam kondisi baik dan tidak bergeser karena sesuai dengan koordinatnya.

 

Setelah selesai melaksanakan patroli patok, Prajurit Satgas Yonif Pamtas 126/KC melaksanakan pengobatan gratis kepada warga Dusun Mamlo yang merupakan dusun yang paling dekat dengan batas Negara RI-PNG yang dihuni warga 30 orang.

 

Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/KC Letkol Inf Mulyo Junaidi mengatakan, untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah NKRI, Prajurit Satgas Yonif 126/KC rutin melaksanakan patroli ke batas Negara RI-PNG dengan mendatangi dan mengecek patok-patok batas RI-PNG.

 

“Patok batas yang menjadi tanggung jawab pengamanan di jajaran satgas Yonif 126/KC seluruhnya dalam kondisi baik dan sesuai dengan koordinatnya,” ujar Dansatgas

 

Dansatgas Mulyo Junaidi menambahkan, untuk membantu masyarakat yang tinggal dekat batas RI-PNG pada saat melaksanakan patroli patok, pihaknya melakukan pengobatan dan memberikan bantuan sembako kepada warga karena mereka sangat membutuhkan. (ist/rm)

LEAVE A REPLY