JAYAPURA (PT) – Pembangunan Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, telah rampung 100 persen dan siap digunakan untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

 

“Untuk pembangunan stadion sudah rampung 100 persen,” kata Project Manager Stadion Dwi Aji Wicaksono, didampingi stafnya kepada pers disela-sela kunjungan Menpora Imam Nahrawi dan rombongan, Jumat, (21/6).

 

Stadion yang bakal digunakan untuk pembukaan dan penutupan event olahraga akbar empat tahunan ini mempunyai kapasitas 40 ribu tempat duduk dan bisa dikatakan sebagai stadion terbaik Indonesia kedua setelah Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

 

“Semuanya dibuat dengan standart internasional. Lapangan, rumput, lampu hingga lintasan atletik semuanya standart internasional. Kami juga menyiapkan akses untuk difabel,” katanya.

 

Dikatakan, pembangunan stadion juga disesuaikan dengan budaya masyarakat Papua.

 

“Pembangunannya sudah rampung semuanya. Ini khusus untuk pembangunan stadionnya. Untuk saat ini tinggal finishing saja,” katanya.

 

Dikatakan, untuk finishingnya, selain pembenahan areal luar dari stadion, pihaknya juga mengecek peralatan yang digunakan dalam stadion itu.

 

“Kita tetap melakukan pemantauan soal peralatan yang digunakan. Apakah sudah sesuai dengan standart yang ditetapkan atau belum? Jika secara keseluruhan prosesnya sudah sesuai dengan rencana dari masterplan,” ujarnya.

 

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengaku bangga dengan tuntasnya pembangunan Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi pusat olahraga terbesar di wilayah timur Indonesia.

 

“Saya senang karena dengan olahraga, pembangunan infrastruktur di daerah-daerah luar pulau Jawa bisa dilaksanakan oleh pemerintah. Ini bukti bahwa pemerintah Indonesia tidak menutup mata soal pembangunan infrastruktur,” kata Iman Nahrawi.

 

Dikatakan, Stadion Papua Bangkit merupakah stadion terbesar kedua di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

 

“Ini stadion terbesar kedua di Indonesia dan saya bangga bisa ada di dalam stadion ini. Saya berharap dengan pembangunan stadion ini bisa memacu atlet-atlet kita untuk berprestasi pada PON nanti khususnya untuk Papua selaku tuan rumah,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY