SELANDIA BARU (PT) – Disela-sela kegiatannya menghadiri Pasific Exposition 2019 di Auckland, Selandia Baru atau New Zealand, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH menyempatkan diri untuk bertemu dengan mahasiswa Papua penerima beasiswa dari dana Otonomi Khusus (Otsus) yang sedang menuntut ilmu di berbagai kota yang ada di Selandia Baru.

Pertemuan yang berlangsung penuh kekeluargaan itu, dilaksanakan  bertempat di Sky City Restaurant Fortune, Selandia Baru, Minggu, (14/7).

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Lukas Enembe didamping Ketua DPR Papua, Yunus Wanda, tokoh masyarakat Papua, Yorris Rawayei, Atase Pertahanan KBRI di Selandia Baru, Kepala Biro Otsus Pemprov Papua, Antoni Mirin, Kepala Badan Penghubung Pempov Papua di Jakarta, Alexander Kapisa dan Marvich Ayomi sebagai orang tua atau penanggunjawab mahasiswa Papua di Selandia Baru.

Gubernur Papua, Lukas Enembe mendengarkan dengan seksama berbagai hal yang disampaikan oleh mahasiswa berkaitan dengan perkembangan perkuliahan yang mereka tempuh selama ini.

Mahasiswa yang hadir dalam pertemuan itu, sekitar 70 orang dari sekitar 150 orang pelajar dan mahasiswa penerima beasiswa dana Otsus yang ada di Selandia Baru.

Gubernur Enembe sangat senang mendengarkan perkembangan perkuliahan yang disampaikan oleh mahasiswa dan memberikan beberapa pesan-pesan kepada mereka agar tetap semangat menempuh perkuliahan di Selandia Baru.

“Adik-adik ini beasiswanya berasal dari dana Otsus yang secara undang-undang pendanaannya akan berakhir pada tahun 2021. Jadi, kalian semua harus bersungguh-sungguh untuk secepat mungkin menyelesaikan kuliah. Harus ada kesadaran dalam diri sendiri untuk menentukan target-target agar dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan,” kata Gubernur Enembe.

Gubernur Enembe melanjutkan bahwa sebagai putra putri Papua yang sedang menimba ilmu di luar negeri, seharusnya mempunyai tingkat kritis tinggi yang bisa memberikan masukan yang konstruktif terhadap pembangunan di Papua.

“Kalian-kalian ini tidak wajib untuk pulang ke Papua setelah selesai kuliah nanti. Jika kalian nanti mau bekerja di sini atau di Australia atau di mana saja, silahkan. Nanti kita yang di Papua akan bangga jika mendengar bahwa ada orang Papua yang kerja di perusahaan-perusahaan besar di luar negeri. Tapi, jika ada pemikiran-pemikiran bagus dan konstruktif sampaikan saja ke kami,” jelas Gubernur Enembe.

Gubernur Enembe berpesan kepada para mahasiswa penerima beasiswa dari dana Otsus itu, agar kuliah di Selandia Baru untuk harus rapi dan bersih.

“Kalian kuliah harus bersih  dan rapi. Tidak hanya focus meningkatkan nilai akademik, tapi juga harus focus meningkatkan kualitas kehidupan,” pungkas Gubernur Enembe.

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda turut menimpali bahwa salah satu prioritas Pemprov Papua saat ini, khususnya Gubenur adalah mencetak SDM yang handal.

“Melalui pemberian beasiswa inilah, kami berharap akan memunculkan generasi emas Papua di masa datang. Kalian harus bertekad untuk menjadi bagian dari generasi emas itu,” imbuh Yunus Wonda. (ist/rm)

LEAVE A REPLY