KARUBAGA (PT) – Ketua DPRD Tolikara, Ikiles Kogoya, SH telah menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, Dok II, Kota Jayapura, Senin, 29 Juli 2019 pukul 14.20 WIT.

 

Menurut keterangan dokter RSUD Jayapura yang disampaikan keluarganya Evan Genongga bahwa Almarhum Ikiles Kogoya meninggal akibat penyakit komplikasi yang dideritanya cukup lama.

 

Namun, selama ini almarhum hanya berobat jalan, tetapi sejak Jumat, 26 Juli 2019, keluarga almahum mengantarnya masuk ke RSUD Jayapura karena sakit berat.

 

“Selama 3 hari dirawat di RSUD Jayapura, namun tidak tertolong lagi,” kata Evan Genongga.

 

Sesuai permintaan keluarga besar almarhum Ikiles Kogoya di Tolikara, jenazah almarhum harus dipulangkan ke kampung halamannya sehingga Pemkab Tolikara memfasilitasi pesawat Dimonim Air menerbangkan jenazah almarhum Ikiles Kogoya tiba di Bandara Karubaga, Selasa, 30 Juli 2019 pukul 12.40 WIT.

 

Prosesi penyambutan dilakukan secara kenegaraan yang diambil alih pasukan Pos TNI Karubaga.

 

Keluarga besar almarhum bahkan masyarakat Tolikara tampak memadati Bandara Karubaga dengan penuh tangisan menyambut jenazah almarhum Ikiles Kogoya.

 

Dari Bandara Karubaga, jenazah almarhum diantar ke Aula Sidang DPRD Tolikara di Karubaga untuk dilakukan prosesi pelepasan secara kenegaraan.

 

Pelepasan jenazah dipimpin langsung Sekda Tolikara, Anton Warkawani, SE.

 

Sekda Tolikara Anton warkawani, SE menyampaikan permohonan maaf yang sebesar–besarnya kepada keluarga almarhum dan seluruh masyarakat Tolikara atas ketidak hadiran Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo karena ada urusan dinas penting di Jakarta.

 

Namun, Bupati memandatkan kepadanya untuk  melakukan pelepasan jenazah almarhum Ikiles Kogoya.

 

Karena itu, ia  mewakili pemerintah Kabupaten Tolikara melepaskan jenazah untuk melihat dan semayamkan jenazah di rumah duka sambil mempersiapkan proses pemakaman terakhir.

 

“Kami sebangai manusia menginginkan lain, tetapi Tuhan Yang Maha Kuasa sang pencipta langit bumi dan segala isinya berkehendak lain. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tolikara menyampaikan belah sungkawa dan turut berduka cita sekaligus menyampaikan selamat jalan atas kepergian yang terhormat bapak almarhum Ketua DPRD Tolikara Ikiles Kogoya, SH yang telah mendahului kami,” katanya.

 

Banyak karya dan jasa yang diberikan almarhum Ikiles Kogoya selama memimpin DPRD Tolikara, sehingga pihaknya melepas secara kenegaraan sebagai pejabat negara dan menyerahkan kepada pihak keluarga untuk melihat sambil menyiapkan prosesi pemakaman secara kenegaraan.

 

“Apabila ada hal-hal atau tugas-tugas lain yang belum sempat di tuntaskan, kami atas nama pemerintah mohon maaf dan selama hidupnya ada hal-hal yang beliau lakukan tidak berkenan di hati saudara sekalian mohon dimaafkan karena setiap manusia tidak luput dari salah dan dosa,” imbuhnya.

 

Menurutnya beliau adalah salah satu tokoh penentu pembangunan Tolikara karenanya almarhum layak dijadikan sebangai salah satu tokoh pemerintah sekaligus tokoh pembangunan.

 

Sebab, semasa menjabat sebagai Ketua DPRD Tolikara hingga wafat, almarhum banyak mendukung program pemerintah dengan melakukan berbagai ketetapan kedewanan terkait  program pembangunan diberbagai sektor.

 

“Karenanya patut kami menjadikan beliau sebagai salah satu Pahlawan Pembangunan Tolikara. Kami menilai beliau adalah penentu pembagunan Tolikara karena berjasa besar terhadap pembangunan di berbagai bidang guna memajukan masyarakat Tolikara lewat keputusan atau ketetapan-ketetapan DPRD Tolikara setiap tahunnya,” imbuhnya. (Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY