JAYAPURA (PT) – Sebagai ibu kota provinsi, Pemerintah Provinsi Papua bakal mengembangkan Kota Jayapura menjadi Kota Metropolitan.

 

Hal itu disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutannya pada peresmian Gedung II DPR Papua, Mess DPR Papua dan Ring Road, Kamis, (1/8).

 

Menurutnya, dengan hadir gedung baru DPR Papua yang megah di jantung Kota Jayapura dan terbukanya akses ring road Hamadi–Skyland serta jembatan merah yang menghubungkan pantai Hamadi dengan Holtekamp yang rencananya akan diresmikan pada 2019.

 

Selain itu, Gubernur mengaku telah merencanakan pembangunan sejumlah fasilitas seperti Gedung MRP yang berlokasi disamping Gedung DPR dan jalan Bypass di Kota Jayapura mulai dikerjakan setelah PON XX tahun 2020.

 

“Setelah PON kita bangun by pass juga, perencanaan sudah ada. Setelah PON kita mulai kerja itu, hal ini sudah saya sampaikan ke Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR,” kata Gubernur Lukas Enembe.

 

Gubernur Enembe menambahkan, pihaknya juga tengah merancang jembatan merah sebagai destinasi wisata para wisatawan di Kota Jayapura.

 

Salah satunya dengan mamasang lampu hias yang menampilkan gambar burung Cendrawasih.

 

“Kita rancang juga di jembatan merah itu luar biasa nanti, semua wisata bisa datang ke situ di bawah atau di atas. Di atas ada lampu hias yang menampilkan gambar burung Cendrawasih, kami akan beli dari Korea,” tandasnya.

 

Ia pun menegaskan, jika Kota Jayapura sudah diubah menjadi Kota yang indah dan canggih.

 

Oleh sebab itu, masyarakat tak boleh lagi membuang sampah atau ludah pinang sembarang.

 

“Itu tidak boleh bikin kotor, kebiasaan budaya kita yang tidak bagus, ini tidak boleh, sebab ini akan menjadi kota yang menarik wisatawan yang datang,” pungkasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY