JAYAPURA (PT) – Pelatihan Tinjauan APBK dan Penyusunan Draf RKPK tahun 2020 bagi 14 Kampung Adat di Kabupaten Jayapura digelar di Balai Diklat Pertanian, Sentani, Kabupaten Jayapura yang dibuka secara resmi Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, Senin (5/8).

Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemberdayaan kampung, sehingga diperlukan kolabolari antara tim percepatan dan juga di kampung.

“Ada tim percepatan, apa ide dari kampung dan tim percepatan untuk saling berkoordinasi, sehingga semakin cepat langkah yang diambil,” kata Wabup Giri.

Untuk itu, Wabup Giri meminta kampung untuk melihat kemampuan yang ada di kampung, sehingga nantinya masyarakat dapat berkembang sesuai potensinya yang ada di kampung masing-masing.

“Hal itu sederhana, tinggal kemampuan kampung itu saja, seperti kampung itu potensinya pariwisata, sehingga diarahkan ke pariwisata dan potensi potensi lain yang di kampung agar dikelola secara maksimal,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas DPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra menambahkan, pengelolaan kampung adat ini sudah ada 14 dan sudah diperdakan, sehingga pengelolaan keuangankan 14 kampung adat ini dapat disiapkan sangat baik, agar APBK tahun 2020 dari 14 kampung adat APBK sudah berbasis kampung adat.

“Dari mulai belanja kegiatannya, programnya sudah mengalokasikan belanjanya berdasar kearifan, belanja kewenangan khusus. Dan itu sudah harus dianggarkan di kampung adat agar apa yang dianggarkan di kampung adat berbeda dengan kampung dinas,” katanya.

Selama ini, kata Elisa, masih dalam tahap pengajuan untuk perubahan status menjadi kampung adat dan masih menunggu persetujuan dari pemerintah pusat terkait perubahan kampung.

“Kita harap ketika dari pusat menyetujui perubahan kampungnya. Maka otomatis APBK sudah dipersiapkan dengan baik, sehingga tahun 2020 sudah bernuansa kampung adat. Setelah dari pelatihan ini, pada Oktober dan November 2019, sudah didampingi mulai dari penyusunan program kampung adat itu,” imbuhnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY