JAYAPURA (PT) – Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Tahun 2019 di lingkungan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Papua resmi dibuka, Selasa, (6/8).

 

Sebanyak 463 siswa baru yang terdiri dari pengiriman Polda Papua sebanyak 244 siswa, pengiriman Polda Papua Barat sebanyak 218 siswa dan pengiriman dari Polda Jawa Timur satu orang, akan digembleng di SPN Polda Papua.

 

Jumlah ini bagian dari 8.875 calon Bhayangkara siswa se Indonesia, terdiri dari 8.475 pria dan 400 wanita yang dinyatakan lulus untuk mengikuti Pendidikan Pembentukan Bintara Polri, secara serentak di Sekolah Polisi Wanita dan 31 SPN Polda jajaran selama 7 bulan.

 

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, Jenderal Pol. Tito Karnavian dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Yakobus Marjuki mengatakan, kualitas sumber daya manusia menjadi kunci untuk meningkatkan pengelolaan organisasi Polri.

 

“Melalui program pendidikan ini, diharapkan akan terbentuk personel yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang unggul serta menampilkan sikap dan perilaku yang luhur, dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas,” kata Wakapolda Yakobus Marjuki.

 

Menurutnya, , tantangan yang dihadapi Polri ke depan akan semakin kompleks.

 

Hal ini tidak dapat dipisahkan dari berbagai dinamika dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Dikatakan, dengan jumlah lebih dari 353.000 orang atau 80 persen dari jumlah total anggota Polri, Bintara Polri menjadi etalase institusi di mata publik.

 

Selain itu, mereka juga bertugas pada garis terdepan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

 

Ditambahkan, hal itu semakin menegaskan bahwa Pendidikan Pembentukan Bintara menjadi aspek penting dalam mewujudkan institusi Polri yang semakin profesional, modern dan terpercaya.

 

Di akhir upacara, Brigjen Yakobus menyematan pangkat siswa sebagai tradisi di setiap pembentukan binatara baru, menyusul penyiraman air kembang dan pengguntingan rambut kepada enam perwakilan siswa yang mengikuti pendidikan pembentukan Bintara Polri Tahun Ajaran 2019/2020 di SPN Jayapura.

 

Turut hadir dalam kegiatan yakni Aspers Kodam XVII/Cenderawasih, Danlantamal X Jayapura, Wakajati Papua, Wakapolda Papua Barat, Pejabat Utama Polda Papua, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua beserta pengurus dan para orang tua siswa. (mt/rm)

LEAVE A REPLY