JAYAPURA (PT) – Pelatih Persipura Jayapura, Jasksen F Tiago menyambut baik kegiatan sosialisasi peraturan baru FIFA yang diberikan oleh Refeere Instructor, Sukhbir Singh dari Football Association of Singapore.

 

Menurut Jackson, materi Laws of the Game FIFA, Sports Integrity dan Doping Control sangat baik untuk tim Persipura, agar pemain bisa menjaga integritas dalam sebuah pertandingan pada liga Indonesia maupun nantinya tampil kompetisi sepak bola AFC.

 

Namun, menurutnya, kegiatan seperti ini seharusnya melibatkan wasit.

 

“Kami tim Persipura sudah usulkan agar dalam forum seperti ini ada perwakilan manajemen, pelatih, pemain dan wasit, sehingga aturan yang diterapkan nanti tidak ada perdebatan lagi di dalam lapangan,” kata Jacksen kepada pers usai latihan, Senin, (12/8).

 

Jacksen mengaku, materi aturan FIFA yang diberikan kepada tim Persipura belum tentu wasit punya pemahaman dan  pengertian yang sama.

 

“Jadi, kalau kita dikumpulkan semua dalam satu forum, mungkin kita punya pemahaman yang sama, dengan begitu, aksi protes dari pemain dan tim pelatih dalam sebuah pertandingan akan berkurang,” kata Jacksen.

 

Pelatih asal Brasil itu mengakui, aturan baru sepak bola yang disosialisasi kepada tim Persipura sangat bermanfaat.

 

“Kegiatan sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi pemain dan pelatih, tinggal kita aplikasikan dalam pertandingan saja kedepan,” ucap Jacksen.

 

Jacksen menambahkan, regulasi sepak bola FIFA ini harus dipahami semua pihak yang terlibat dalam sepak bola, karena banyak peraturan baru diantaranya terkait posisi tangan yang pasif dalam terjadinya gol atau peluang.

 

Kemudian juga ada keluar dan masuk area pergantian pemain, lalu pagar betis saat tendangan bebas.

 

“Banyak aturan baru sepak bola dunia yang harus kita pelajari, tapi kita kembalikan lagi kepada perangkat pertandingan di lapangan, dan kalau kita dipertemukan dalam satu forum maka kita bisa berdebat, kita mau kita sama-sama samakan presepsi, percuma kalau wasit punya presepsi lain saat terjadi satu kejadian dalam pertandingan,” bebernya.

 

Diketahui, aturan FIFA yang baru antara lain, pertama, gol atau peluang yang melibatkan tangan akan langsung dianulir.

 

Termasuk posisi tangan dalam keadaan pasif atau tidak sengaja sekalipun .

 

Kedua, pemain yang diganti sekarang bisa keluar melalui garis mana saja.

 

Tidak harus menghampiri penggantinya di area teknik. Jadi tidak akan ada lagi pemain yang mengulur waktu ketika pergantian di ujung pertandingan saat posisi unggul.

 

Wasit bisa mengintervensi pemain untuk keluar melalui garis terdekat.

 

Ketiga, aturan kartu kuning dan kartu merah sekarang berlaku buat pelatih. Sebelumnya wasit bisa langsung mengusir pelatih tanpa peringatan.

 

Kini akan ada kartu kuning (peringatan) dan kartu merah (pengusiran) buat pelatih.

 

Keempat, pagar betis untuk mengadang tendangan bebas lawan sekarang harus steril.

 

Hanya pemain tim yang menghadapi tendangan bebas yang boleh berada di pagar betis.

 

Kelima, bola tendangan gawang, tendangan bebas di dalam kotak penalti, sekarang bisa langsung diterima tanpa harus keluar dari area penalti. (lam/rm)

LEAVE A REPLY