PUNCAK JAYA (PT) – Sebagai wujud kepedulian dan bentuk partisipasi dalam mencerdaskan generasi penerus bang, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY mengajar anak-anak di Kampung Yambi, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu, 11 Agustus 2019.

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif R 514/R, Mayor Inf. Danang Biantoro mengatakan, tanpa ilmu pengetahuan yang memadai, maka dapat dipastikan suatu Negara tidak akan memiliki kualitas SDM yang mampu bersaing dengan negara lain.

Untuk itu, peran seorang tenaga pengajar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sangatlah penting.

“Tenaga pengajar sangat kurang di wilayah Distrik Yambi. Ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti sarana akomodasi yang kurang memadai, ataupun terjadi perang antar kampung yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi terhenti,” kata Dansatgas Mayor Danang Biantoro.

Akibat kurangnya tenaga pendidikan atau guru di wilayah ini, kata Dansatfas Danang Biantoro, pihaknya berinisiatif untuk memberikan pengajaran kepada anak-anak usia sekolah di daerah itu dengan pelajaran membaca dan menghitung.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa kami bukanlah seorang guru yang profesional, namun hal itu tidak menyurutkan semangat kami untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa,” ujar Dansatgas.

Selain memberikan pelajaran membaca dan berhitung, personel Satgas Pos Yambi yang dipimpin oleh Letda Inf Andre Rahman Fadhillah juga memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang keharusan sebagai warga Negara Indonesia untuk bangga dan cinta terhadap bangsa.

Disisi lain, Kepala Distrik Yambi, Yohannes mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas karena telah mengadakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi anak-anak di kampungnya.

“Semoga anak-anak disini semakin bersemangat dalam belajar, dan terima kasih sudah memberikan pengajaran yang sangat luar biasa,” kata Yohannes. (ist/rm)

LEAVE A REPLY