JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua akan membentuk badan khusus untuk mengurus cabang olahraga sepak bola dan atletik di Papua.

 

“Ya, Pak Gubernur sudah sampaikan di depan bapak Presiden Joko Widodo untuk menjadikan dua cabang olahraga tersebut sebagai cabang olahraga andalan putra-putri Papua ke depan,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH kepada wartawan usai membuka kompetisi liga berjenjang U-16 Piala Menpora 2019 di Stadion Mandala, akhir pekan kemarin.

 

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Papua sudah membangun Stadion Papua terbaik kedua di Indonesia, maka harus ada satu badan khusus yang mengurus stadion itu.

 

Dengan demikian, lanjut Doren, badan yang akan dibentuk ini akan bertanggungjawab untuk mengurus sepak bola dan atletik di Papua.

 

Doren menambahkan, pembangunan Stadion Papua Bangkit  dengan biaya sebesar Rp 1,3 triliun, maka sepak bola Papua harus bangkit mulai dari usia dini.

 

“Dengan kegiatan piala Menpora tahun ini, ke depan kita akan gelar piala Gubernur Papua untuk semua kelompok umur, kita menggaungkan semangat olahraga dari Tanah Papua dan mewujudkan misi Gubernur yang menjadikan Papua sebagai provinsi sepakbola dan atletik,” ujarnya.

 

Sebelumnya, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH menyatakan, pihaknya siap menjadikan dua cabang olahraga andalan putra-putri Papua sebagai ikon provinsi, yakni sepak bola dan atletik.

 

“Kami mau tetapkan provinsi ini provinsi sepakbola dan atletik,” ungkap dia saat menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan ke proyek Stadion Papua Bangkit, Nolokla, Sentani Timur, Jayapura, Senin, 1 April 2019.

 

Pernyataan itu disambut baik oleh Jokowi, yang memuji kehandalan putra-putri asal Papua dalam kedua bidang olahraga tersebut.

 

“Fokus saja itu saja, setuju pak Gubernur. Provinsi sepak bola dan propinsi atletik,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY