JAYAPURA (PT) – Tim Catur Kota Jayapura keluar sebagai juara umum Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun 2019 dan berhasil meraih Piala Ketua Pemprov Percasi Papua.

 

Kejuaraan yang berlangsung selama tiga hari itu, Kota Jayapura meraih 3 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu.

 

Disusul Kabupaten Jayapura di posisi kedua dengan merebut 3 medali emas, 3 perak dan 4 perunggu.

 

Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal mengatakan bahwa kejuaraan ini akan kembali digelar tahun depan dan diharapkan kepada Kota Jayapura sebagai juara umum dan kabupaten lainnya untuk mempersiapkan atletnya dengan baik.

 

“Ya, saya menyambut gembira kejuaraan ini, anak-anak sekolah juga sangat antusian bertanding, ini menjadi modal besar bagi  Percasi untuk membuat program kerja tahun 2020 dan menggelar event ini lagi,” ujar Wagub Klemen Tinal pada penutupan di Swiss-Belhotel Papua, Kota Jayapura, Jumat malam.

 

Wagub Klemen Tinal yang juga selaku Ketua Pengprov Percasi Papua menambahkan, piala bergilir Ketua Pengprov Percasi akan diperebutkan setiap tahun, jika ada kabupaten atau kota yang juara tiga kali berturut-turut, maka piala bergilir ini menjadi miliknya.

 

“Ini kejuaraan yang pertama dan harapan saya tahun depan ada perwakilan dari 29 kabupaten/kota Se-Papua,” harapnya.

 

Wagub Klemen Tinal tampaknya gembira, lantaran animo anak-anak Papua bermain catur sangat banyak, sehingga event seperti ini yang harus dibuat berkelanjutan sehingga bisa mengasah kemampuan mereka bermain catur dan bisa berprestasi di tingkat Nasional.

 

Pada kesempatan itu, Wagub Klemen Tinal mengimbau kepada para pengusaha di Provinsi Papua untuk terlibat dalam mendukung event olahraga di tanah Papua.

 

Diketahui, Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati Hut RI ke 74 tahun 2019 dan memperebutkan piala Ketua Pemprov Percasi Papu juga diikuti atlet catur dari Provinsi Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

 

Berikut daftar juara Open Turnamen Catur dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 tahun 2019, kategori senior (umum) juara pertama, Sukarnedi (Medan), juara kedua, Badrus (Kota Jayapura), juara ketiga, Saiful (Kabupaten Jayapura).

 

Kategori SMA Putra Juara Pertama Arya Ashari (Kabupaten Jayapura), kedua Rional (Kota Jayapura) dan juara ketiga Ibrahim Putra (Kota Jayapura).

 

Kelompok SMA Putri, juara pertama Sofia (Kabupaten Jayapura), kedua Anisa ( Kota Jayapura) dan juara ketiga Feriana Hokoyoku (Kabupaten Jayapura).

 

Kategori SMP putra, juara pertama Ahmad Rizky (Kota Jayapura), juara kedua Noval Tatayol (Kabupaten Jayapura) dan ditempat ketiga Adriano Korwa (Kota Jayapura).

 

Kelompok putri, juara pertama Rut Tasya Pulanda (Kota Jayapura), juara kedua Aan Sibi (Kota Jayapura), ketiga Dona Aurel (Kota Jayapura).

 

Kategori SD putra, juara pertama Cristian Ibo (Kabupaten Jayapura), kedua Efod Basudewo (Kabupaten Jayapura), juara ketiga M Hasril Julio (Kota Jayapura).

 

Kelompok putri, juara pertama Vindi Mansnembra (Kota Jayapura), kedua Netanya Pakolo (Kabupaten Jayapura) dan juara ketiga Safira P Ramadani (Kabupaten Jayapura). (lam/rm)

LEAVE A REPLY