JAYAPURA (PT) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun gedung baru Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua maupun kantor Bea Cukai Jayapura yang ada di Kota Jayapura, pasca dibakar dalam aksi massa anti rasisme yang berujung anarkis, Kamis, 29 Agustus 2019.

Menteri PUPR, Basoeki Hadimuljono mengatakan, Kantor KPU Papua akan dibangun dua lantai sesuai dengan permintaan Gubernur Papua, Lukas Enembe.

“Kantor KPU kita akan bangun dua lantai atas permintaan bapak Gubernur,” kata Basoeki kepada wartawan di VIP Room, Bandara Sentani.

Menurutnya, Kantor KPU Papua dan Bea Cukai harus dibangun baru karena konstruksi harus ganti.

Selain itu, Kantor MRP pun akan dibangun. Namun, apakah nanti pemerintah bangun kantor MRP baru di Kantor Telkom Jayapura, menurutnya tidak masalah, karena gedungnya tetap bisa difungsikan.

“Kantor MRP yang dibakar kita pasti bangun kembali, dipakai atau tidak tetap dibangun,” tegasnya.

Basoeki mengaku, Presiden Joko Widodo sangat memberikan perhatian kepada Papua, sehingga langsung memerintahkannya ke Papua untuk memperbaiki fasilitas umum yang rusak.

“Presiden sangat memperhatikan Papua, dalam rapat Kabinet besok (Rabu-red) saya akan laporkan semua yang sudah saya lihat di lapangan,” imbuhnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY