JAYAPURA (PT) – Kerusuhan dalam unjuk rasa tolak rasisme di Kota Jayapura, pada 29 Agustus 2019 lalu, telah menguras banyak energi pihak keamanan.

Langkah persuasif juga dilakukan untuk meredam emosi massa, meskipun berakhir anarkis dan merugikan semua pihak.

Kini, situasi keamanan Papua khususnya Kota Jayapura dinyatakan kondusif.

Deklarasi Papua Damai juga telah disepakati. Masyarakat pun kembali beraktifitas seperti semula.

Meski demikian, tugas baru tengah menanti aparat keamanan, yaitu mengawal keamanan Papua menjelang sidang umum PBB di New York pada 23-27 September 2019.

Sembari memantau tugas tersebut, Kapolda Papua, Irjen Pol. Rudolf Alberth Rodja berinisiatif menggandeng Kodam XVII/Cenderawasih untuk memotivasi seluruh anggotanya lewat olahraga bersama di Lapangan Silas Papare Makodam XVII, Kota Jayapura, Jumat, 20 September 2019.

Olahraga dimaksud untuk memberi kebugaran fisik para anggota serta merefresh fikirannya kembali.

Terlebih, memompa semangat para anggota untuk merawat sinergitas TNI-Polri dalam menjaga stabilitas keamanan negara.

“Situasi saat ini kondusif dan ini semua adalah kontribusi dari kita rekan-rekan TNI dan Polri dalam menjaga tanah Papua tetap aman dan damai. Kita melaksanakan refreshing hari ini dengan cuaca hujan, tapi itu tidak menyurutkan semangat kita untuk apel dan olahraga bersama,” kata Kapolda Rodja dalam sambutannya.

Jenderal Polisi asal Kupang Nusa Tenggara Timur ini pun mengimbau seluruh masyarakat Papua untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif, disamping penegakan hukum terhadap siapa pun yang terlibat dalam kerusuhan di Jayapura dan beberapa daerah lainnya.

Kasdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Irham Waroihan mengaku sangat bangga kepada seluruh anggota TNI-Polri yang telah menunjukkan jati dirinya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Kasdam Irham mengajak seluruh anggota agar tetap solid dalam menjaga keutuhan dan kesatuan negara kesatuan Republik Indonesia.

”Dengan semangat bersama, maka kita akan kuat dalam menjaga keutuhan NKRI,” imbuhnya. (mt/sri)

LEAVE A REPLY