SENTANI (PT) – Lanud Silas Papare Jayapura membuka posko bantuan logistik ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya pasca demo berujung rusuh di daerah itu, Senin, 23 September 2019.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI. Tri Bowo Budi Santoso mengatakan, TNI AU menyiapkan pesawat yang akan digunakan untuk membantu, evakuasi baik korban sakit maupun yang meninggal usai kejadian kerusuhan di Wamena.

“Sampai saat ini, kami siapkan CN 235, sudah membawa beberapa pasien dan lima jenazah yang sudah dibawa kemarin dari Wamena ke Jayapura,” katanya.

Danlanud Tri Bowo mengatakan, saat ini juga ada bantuan pesawat Herkules dari Bandara Hasanuddin, Makassar menuju Biak, yang akan membawa bahan makan ke Wamena dan dari Wamena akan mengangkut pengungsi dan pasien.

“Pasien korban di Wamena berkisar 60 orang dan pengungsi yang sudah mendaftarkan diri, sudah ada seribu orang. Jadi, perlu Herkules diberangkatkan, untuk prioritas diutamakan para pasien supaya mendapatkan penanganan di beberapa rumah sakit yang ada di Jayapura,” jelasnya.

Selain itu, kata Danlanud Tri Bowo, pihaknya juga menyiapkan posko bantuan yang akan dikirim ke Wamena, termasuk bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dari mitra di Jayapura.

“Jadi kapanpun keberangkatan CN jangan sampai Kosong, harus ada dimanfaatkan pengiriman bantuan. Tadi pagi sudah ada bantuan yang dikirim ke Wamena,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY