JAYAPURA (PT) – Gejolak kembali terjadi di Kabupaten Yalimo. Tiga kantor dinas pemerintahan daerah setempat dibakar oleh orang tak dikenal alias OTK, Selasa, (24/9), malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, tiga bangunan yakni Kantor Dinas Kominfo, Badan Arsip Daerah, dan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja rata dibakar.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal membenarkan peristiwa tersebut.

“Peristiwa itu terjadi pukul 19.30 WIT, Selasa kemarin. Objek yang dibakar merupakan gedung bekas bupati yang saat ini dijadikan sebagai kantor ketiga dinas tersebut,” kata Kabid Humas AM Kamal di Media Center Polda Papua, Kota Jayapura, Rabu, (25/9).

Kamal mengatakan, polisi belum mengetahui motif pembakaran oleh orang tak dikenal itu.

Namun dugaan sementara, pembakaran itu ditengarai kekecewaan masyarakat lantaran pemerintah belum mencairkan dana beasiswa bagi para pelajar.

Hal ini dikatakannya, lantaran adanya aksi demo sebelumnya oleh mahasiswa di Yalimo.

Mahasiswa asal Yalimo menuntut agar pemerintah mencairkan dana beasiswa pendidikan mereka.

Penyidik Satuan Reskrim Polres Jayawijaya pun tengah melakukan pendalaman atas peristiwa yang terjadi di wilayah hukumnya itu.

“Rencananya hari ini Kapolres Jayawijaya akan mendatangi lokasi kejadian sekaligus dilakukan pendalaman,” jelas Kamal seraya memastikan Siskamtibmas di Kabupaten Yalimo saat ini telah kondusif. (mt/sri)

LEAVE A REPLY