SENTANI (PT) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw bersama dengan Kepala BNPB Nasional, Letjen TNI. Doni Monardo meletakan batu pertama pembangunan perumahan bagi warga Kemiri yang mengalami korban banjir bandang di Sentani, 16 Maret 2019.

Pembangunan perumahan korban banjir bandang bagi warga Kemiri ini, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jayapura dan Yayasan Budha Tzu Chi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, pembangunan perumahan bagi korban banjir bandang di Kemiri sangat di nanti masyarakat yang terdampak.

“Hal ini sudah terealisasikan peletakan batu pertama dan memberi harapan kepastian kepada korban banjir bandang,” katanya.

Bupati Awoitauw mengatakan, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam menangani setiap permasalahan, salah satunya dengan pembangunan rumah bagi korban banjir bandang di jalan raya Kemiri, Sentani.

“Hal ini kita tidak bisa bekerja sendiri, karena itu kolaborasi yang dibangun ini merupakan suatu berkat Tuhan, bahwa masih ada orang lain di luar sana menaruh perhatian,” ujarnya.

Sementara, Kepala BNPB Nasional, Letjen TNI. Doni Monardo mengatakan, pembangunan perumahan bagi korban banjir bandang di Kemiri, bekerja sama dengan Yayasan Budha Tzu Chi membangun 300 unit rumah, atas perintah Presiden saat berkunjung pada ke Sentani, beberapa waktu lalu.

“Saat berkunjung ke Sentani, Presiden mengatakan apabila lahannya sudah siap, untuk segera dimulai pembangunan rumah,” katanya.

Doni menjelaskan, pemilihan tempat sudah ditinjau semuanya, dengan melihat struktur alam, relatif lebih tinggi sehingga bebas banjir.

“Apabila ada hujan lebat atau banjir ini merupakan tempat relatif lebih tinggi dan masyarakat apabila dipindahkan agak jauh, masyarakat juga menolak,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY