JAYAPURA (PT) – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengusulkan tiga rumah sakit di Papua dirubah namanya yakni RSUD Jayapura dirubah menjadi RSUD MT UI,  Rumah Abepura menjadi Rumah Sakit Dokter Yusak Yusai dan rumah sakit di Karubaga, Kabupaten Tolikara menjadi Rumah Sakit Dokter Soeko Marsetiyo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengatakan, pengusulan perubahan nama tiga nama tersebut akan diusulkan ke Gubernur Papua untuk ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda).

“Ini sudah dalam syarat akreditasi sebuah rumah sakit harus diberi nama, maka dalam penyusunan masterpland ini saya baru rumuskan visi, misi, motto, organisasi baru dan semboyan baru,” katanya.

Ia menjelaskan pemberian nama RSUD Jayapura menjadi RSUD MT UI, UI merupakan seorang Dokter setelah Dokter Yakop Defrit seorang dokter Belanda ahli bedah tulang yang pertama mendirikan rumah sakit ini.

Untuk itu, nama tersebut akan diusulkan menjadi nama RSUD Jayapura.

“Untuk Rumah Sakit Abepura kami akan usulkan menjadi RS Dokter Yusak Yusai,” tandasnya.

Dokter Yusak Yusai merupakan ahli anak dan merupakan dokter pertama Papua yang meraih gelar spesialis anak, sementara rumah sakit di Karubaba akan diberi nama Rumah Sakit Dokter Soeko Marsetiyo.

“Pemberian nama ini sebagai penghargaan atas jasa seorang dokter dari Yogjakarta yang merupakan keturunan kraton Yogjayakarta memberanikan diri bertugas di Tolikara, namun dalam kerusahan di Jayawijaya menjadi korban,” jelasnya.

Penggunaan nama Dokter Soeko Marsetiyo di Kabupaten Tolika merupakan suatu penghargaan, karena sudah mengabdi di Papua.

Menurutnya, perubahan nama tiga rumah sakit tersebut satu paket dengan pemberian nama, visi misi, motto, nilai dan masterpland yang baru.

“Master plan tidak hanya dilihat semta-mata visi, tetapi sudah dihitung dengan pengembangan SDM, profesi, alat kedokteran yang kurang dan yang canggih,” imbuhnya. (ing/sri)

LEAVE A REPLY