JAYAPURA (PT) – Komisi I DPR Papua merampungkan tugasnya melalukan fit and propertes terhadap 10 calon anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Papua dan 14 calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Papua di Hotel Horison Jayapura, Kamis, (3/10).

10 calon Anggota KIP Papua periode 2019-2023 yang mengikuti fit and propertes itu, diantaranya ANdirani Wally, Fransiskus Ivakdalam, Joel BA Wanda, Vererand Illu Minata, Armin Thalib, Syamsuddin Levi, Henry Winston Muabuay, Yakop Paiki, Wilhelmus Pigai dan Irwan Cgalid Sopely.

Sedangkan, calon Anggota KPID Papua periode 2019-2022, diantaranya Eko Paul Andika Weriditi, Hendrik Vallen Ayomi, Fergie Y Wattimena, Joko Prayitno, Jefry Simanjuntak, Nahria, La Ode Kaudin, Eveert Zacharias Joumilena, Melkias Mansoben, Rusni Abaidata, Liboria G Atek, H Rusdi Anwar, Welly Reba dan Iwan Solehudin.

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long mengatakan, pihaknya diberi kepercayaan melakukan fit and propertes calon anggota KIP dan KPID Papua.

“Dari KIP 10 calon anggota dan KPID sebanyak 14 calon komisioner. Untuk KIP hanya lima yang akan dipilih dan KPID ada tujuh. Apa yang sudah kami lakukan ini mengacu pada tugas fungsi kami melakukan uji kepatutan dan kelayakan,” kata Tan Wie Long.

Namun, menurutnya, yang memutuskan dan menetapkan kepada lolos tidaknya calon anggota adalah Gubernur Papua.

Yang jelas, Komisi I DPR Papua akan melaporkan hasil fit and propertes ini kepada Ketua DPR Papua untuk selanjutnya disampaikan kepada Gubernur Papua.

“Intinya kami sudah melakukan tugas yang dipercayakan kepada kami ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPR Papua, Orgenes Wanimbo mengatakan, jika fit and propertes calon anggota KIP dan KPID ini, merupakan beban tugas yang dilakukan sebelum masa periode habis.

“Kami diberi mandat melakukan penilaian kepada para calon anggota KIP dan KPID. Yang menentukan layak masuk jadi anggota dan siapa yang masuk daftar tunggu itu kewenangan gubernur,” kata Orgenes Wanimbo.

Dikatakan, yang masuk dalam daftar tunggu akan menggantikan anggota lain jika nantinya berhalangan saat melaksanakan tugasnya.

“Ketua DPR Papua yang akan sampaikan hasilnya kepada Gubernur Papua untuk menentukan hasilnya. Target pelantikan anggota KIP dan KPID secepatnya atau kami harap sebelum pelantikan anggota DPRP yang baru,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua, Kansiana Salle, SH menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Komisi I DPR Papua yang telah selesai melakukan fit and propertes terhadap calon anggota KIP dan KPID Papua.

“Ini sesuai dengan jadwal yang direncanakan. Kami sebagai fasilitasi rekrutmen calon anggota KIP dan KPID Papua ini, tentu berterima kasih kepada DPR Papua,” imbuhnya. (sri/rm)

LEAVE A REPLY