JAYAPURA (PT) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe akan mengumumkan Surat Keputusan (SK) cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2020.

PON dipastikan tetap digelar di Papua, namun hingga saat ini cabang olahraga yang akan dipertandingkan masih digodok.

Kondisi ini memicu kegelisahan dari induk cabang olahraga dan KONI, pasalnya muncul usulan pemangkasan jumlah dari 47 menjadi 37 cabang olahraga.

Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alex Kapisa mengatakan, dari sisi pembahasan cabang olahraga antara pemerintah Provinsi Papua dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga maupun KONI Pusat terkait dengan cabang olahraga sudah tuntas.

“Kalau masalah surat keputusan (SK) cabang olahraga, nanti KONI Pusat yang keluarkan,” ujarnya dikonfirmasi, Senin, (7/10).

Menurutnya, dari rapat finalisasi terhadap cabang olahraga PON XX 2020, sudah diputuskan bahwa PON di Papua hanya mempertandingkan 37 cabang olahraga.

“Kita tunggu saja pekan depan KONI Pusat akan berkunjung ke Jayapura dan akan umumkan 37 cabang olahraga tersebut bersama bapak Gubernur yang juga selaku ketua umum KONI dan PB PON Papua,” imbuhnya. (lam/sri)

LEAVE A REPLY