JAYAPURA (PT) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua secara resmi melakukan launching Pilkada Serentak tahun 2020 di Taman Imbi, Selasa, (8/10).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, Ketua KPU RI, Arief Budiman beserta sepuluh Anggota KPU RI dan para bupati.

Ketua KPU RI, Arif Budiman mengatakan, proses Pemilu di Papua Sejak 2012 terus mengalami peningkatan, terbukti dalam pada Pemilu serentak 2019 lalu tingkat partisispasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) untuk Papua itu diatas rata-rata Nasional tercatat 95,03 persen.

Ini menandakan peningkatan tren perkembangan demokrasi di Papua semakin baik.

Menurutnya, sukses Pilkada pada tahun 2020, tidak hanya tergantung oleh KPU sebagai penyelenggara, tetapi membutuhkan dukungan dan komitmen bersama dari seluruh stakeholder sehingga pelaksanaan Pilkada ini dapat berjalan dengan baik.

Sementara, Ketua KPU Papua, Theodorus Kosay mengatakan, saat ini KPU Papua sedang mendampingi 11 Kabupaten yang akan melakukan Pilkada serentak.

Untuk diketahui dari 11 Kabupaten yang melakukan Pilkada baru 9 Kabupaten sudah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sementara dua kabupaten belum yakni Kabupaten Waropen dan Supiori.

“Kami berharap KPU setempat dapat berkoordinasi dengan pemda Waropen dan Supiori,” ujarnya.

Theo Kosay berharap bagi kabupaten lain yang tidak ikut Pilkada pada tahun 2020 nantinya dapat memberikan motifasi dan suport kepada kabupaten yang akan melakukan Pilkda serentak.

Diketahui, sebelas kabupaten yang akan melakukan pilkada tahun 2020 yakni Kabupaten Supiori, Membramo Raya Keerom, Nabire, Yalimo, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Asmat, Boven Digoel, Merauke dan Waropen. (lam/sri)

LEAVE A REPLY