JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua melakukan penandatangan kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb), OJK dan BI dalam rangka koordinasi peningkatan penyaluran KUR dan Pembiayaan Ultra Mikto (UMI).

Penandatangan tersebut dilakukan disela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) tentang Evaluasi Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) di Jayapura, Kamis (24/10).

Plt. Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Papua, Arif Wibawa mengatakan, Pemerintah Daerah di Papua diharapkan turut serta dalam peningkatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) guna mendukung program peningkatkan inklusi keuangan di wilayah Papua.

Arif menuturkan, salah satu tindakan nyata yang diharapkan dilakukan pemerintah daerah terkait program KUR ini, yakni melakukan sosialisasi hingga ke seluruh pelosok Papua dan mengidentifikasi data calon penerima KUR yang diupload penyalur KUR dalam SIKP.

“Berdasarkan data yang ada, ternyata jumlah debiturnya masih sedikit. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya sosialisasi, sehingga melalui kesemaptan ini, kami sosialisasikan program tersebut agar bisa menjangkau ke seluruh masyarakat Papua,” terangnya.

Tak hanya Pemeirntah Daerah, lanjut Arief, pihak lainnya juga diharapkan terlibat dalam menyosialisasikan program tersebut.

Dengan demikian, seluruh masyarakat di Papua dapat mengakses program KUR maupun UMI.

“Mungkin sejauh ini masyarakat tidak tahu program ini, sehingga masyarakat yang bisa mengakses itu hanya beberapa orang saja. Ini tugas semua pihak untuk menyosialisikan. Inisiasinya memang dari Kementerian Keuangan, tapi tidak mungkin langsung masuk ke masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia, Any Rumbiak mengharapkan adanya semangat bersama untuk menyosialisaskan program ini ke seluruh masyarakat Papua.

“Tentunya Pemerintah Daerah tidak sendirian bekerja, ada mitra seperti BI dan OJK serta lainnya. Kami juga harapkan ada duduk bersama untuk kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua, sebagaiman visi dan misi Gubernur Papua,” imbuhnya. (ing/sri)

LEAVE A REPLY