JAYAPURA (PT) – Sebanyak delapan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah mengikuti job fit untuk mengisi 35 jabatan eselon II di Lingkungan Pemerintah Provinsi Papua.

Sekda Papua, Hery Dosinaen mengatakan, selain job fit, Pemprov Papua juga telah mengumumkan secara terbuka adanya lelang terbuka bagi siapa saja yang ingin mengikuti tes itu.

“Hal ini sesuai rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas surat Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai pembina kepegawaian di pemerintahan Papua,” katanya, Kamis, (31/10).

Ia menjelaskan dari surat Gubernur itu, KASN telah merekomendasikan tiga kategori yakni ada yang pengukuhan, job fit dan lelang terbuka untuk mengisi 35 jabatan eselon II.

“Kita harap 35 pimpinan OPD hasil perampingan akan dilantik pada awal Januari 2020,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe menegaskan pimpinan 35 OPD di lingkungan Pemprov Papua hasil perampingan akan diisi oleh para pejabat yang berkompeten, handal, profesional dan berintegritas tinggi.

“Semua harus melalui uji kempetensi dan memenuhi syarat, dengan harapan keberadaan OPD yang baru ini mampu menjawab permasalahan yang selama ini belum terlaksana dengan baik,” kata Enembe.

Menurutnya, sesuai aturan ASN akan ada seleksi terbuka yang bisa diikuti siapa saja, namun soal lulus akan ada tim seleksi yang menilai.

“Yang memenuhi syarat itulah yang akan lolos. Sementara yang tidak lolos atau mendapat kesempatan otomatis berakhir (non job),” imbuhnya. (ing/sri)

LEAVE A REPLY