JAYAPURA (PT) – Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa memastikan Instruksi Presiden (Inpres) baru tentang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI selesai bulan November 2019.

Ia mengatakan, pemerintah serius melakukan kesiapan PON XX di Papua.

Namun, dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga pekan lalu, Inpres PON menjadi satu isu penting utama dan sedang berusaha membahas bagaimana dari sisi legalitas hukumnya.

“Inpres PON masih dalam pembahasan, kita memisahan rancangan Inpres PON dan Peparnas 2020 di Papua. Kita tidak bisa satukan event PON dan Pepeparnas dalam satu Inpres, pisahkan dulu, agar justifikasi hukumnya jadi lebih jelas,” kata Alex Kapisa, sapaan akrabnya kepada wartawan di Jayapura, Kamis (31/10).

Alex mengakui, dalam Inpres baru ini, Kementerian PUPR mempunyai tanggungjawab untuk membangun venue panahan dan sepatu roda.

“Inpres baru PON ini hanya dua venue saja yang akan dibangun PUPR yakni venue sepatu roda, venue panahan dan penataan kawasan di lokasi venue Doyo dan Kampung Harapan Sentani,” ujarnya.

Alex Kapisa memastikan, Inpres baru PON akan ditandatangani Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat, mengingat Kementerian PUPR juga menunggu untuk membangun venue PON Papua.

“Dalam bulan ini (November) Inpres PON sudah harus selesai, karena teman-teman di Kementerian PUPR akan mendorong proses lelang untuk pekerjaan venue tersebut, jadi memang kita harus kejar agar inpres bisa keluar cepat,” tandasnya.

Alex menambahkan, venue PON XX Papua yang bersumber dari anggaran APBN akan selesai pada bulan Juli 2020.

“Pembangunan venue yang saat ini sedang berlangsung, khususnya yang dibiayai dengan APBN, secara keseluruhan menunjukkan perkembangan positif, dirinya sangat optimis akan dapat diselesaikan tepat waktu,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Anggoro Putro, Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket saat ditemui di kompleks Istora beberapa waktu lalu menyampaikan bahwa sampai saat ini capaian-capaian kami sangat menggembirakan dalam penyelesaian venue-venue yang ditugaskan kepada pemerintah pusat.

Dengan kemajuan yang dicapai itu, Anggoro pun optimis bahwa venue-venue yang sedang disiapkan dapat selesai tepat waktu.

“Jika Istora kami targetkan selesai pada akhir Juni 2020 dan aquatic pada akhir Juli 2020,” imbuhnya. (lam/sri)

LEAVE A REPLY