JAYAPURA (PT) – Atlet paralimpik Papua berjaya di cabang olagraga lomba kolam renang di hari pertama Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) IX tahun 2019 di Jakarta.

Kontingen Papua sukses merebut delapan medali yakni lima medali emas, satu medali perak dan dua medali perunggu.

Enam medali dari cabang renang disumbangkan atlet difabel dari cabang olahraga renang masing-masing Agnes Jowey yang turun di nomor 100 meter gaya dada Tuna Daksa open putri dalam partai final yang berlangsung di kolam renang Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan, Minggu (10/11).

Emas kedua di sumbangkan Isack Mimitau di nomor 50 meter gaya dada Tuna Grahita open putra.

Medali emas ketiga buat Papua diraih Lince Suebu dari nomor 50 meter gaya dada Tuna Grahita open putri.

Sedangkan, medali perak disumbangkan perenang Marlanda Oropa yang turun di nomor 50 meter gaya punggung Tuna Grahita open putri.

Serta dua medali perunggu masing-masing diraih Elieser Kabey dari nomor 50 meter gaya dada Tuna Grahira open putra dan Yordan di nomor 50 meter gaya dadatuna Rungu open putra.

Selain berjaya di nomor renang, Papua juga menambah medali emas dari lintas atletik, dua medali emas diraih oleh atlet putri Maria Willi T60 nomor lari 100 meter dan Sania Aprilia F57 nomor tolak peluru.

Sementara di cabang olahraga bulu tangkis, atlet Papua Oliver Thomas Yeimo harus angkat koper setelah kalah dari atlet disabilitas Jawa Tengah.

Ketua kontingen tim Paperpenas Papua, Timotius Matuan mengatakan, perolehan medali buat kontingen Papua patut dibanggakan dan disyukuri.

“Pencapaian ini belum berakhir, tentu diharapkan pundi-pundi medali terus disumbangkan bagi Papua,” ujarnya.

Ketua NPC Papua, H Jaya Kusuma mengapresiasi perjuangan atlet Papua yang sudah menyumbang medali bagi kontingen Papua.

Ia tetap optimis anak didiknya bisa kembali sumbang medali, karena melihat potensi atlet yang diturunkan sangat menjanjikan.

“Saya optimis mereka bisa sumbang medali lagi buat Papua, kita mohon dukungan doa dari masyarakat Papua untuk anak-anak difabel ini bisa berprestasi gemilang bagi Papua,” ujarnya.

Tim renang Papua di Pepapernas IX/2019 diperkuat delapan atlet terdiri atas 3 atlet putri dan 5 atlet putra.

Atlet putri agenes Jowey, Lince Suebu dan Maranda Oropa. Atlet putra, Isak Mimitauw, Elieser Kabey, Yordan Deda, Marthen Doyapo dan De-John Waromi. (lam/sri)

LEAVE A REPLY