JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe melantik ratusan kepala sekolah jenjanh SMA/SMK dan SLB Se-Provinsi Papua, Rabu (11/12) di Gedung Negara.

Dalam pelantikan itu, Gubernur memperkenalkan Kepala Dinas Pendidikan yang baru yaitu Christian Sohilait yang juga selaku Sekda Kabupaten Lanny Jaya.

“Pak Elias Wonda sudah masuk masa pensiun. Pak Sohilait akan saya lantik awal tahun depan sebagai Kadis Pendidikan yang baru,” kata Lukas Enembe dihadapan ratusan kepala sekolah.

Menurut Gubernur, tugas utama kepala dinas pendidikan yang baru cukup berat, karna harus menyiapkan siswa terbaik Papua sebanyak 317 orang untuk kita kirim sekolah di luar negeri.

Dikatakan, sejak menjadi Gubernur Papua tahun 2013 lalu, sebanyak 1000 anak-anak Papua kita kirim ke luar negeri, bahkan ada yang mendapat beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat.

Gubernur Lukas juga mengatakan, Pemprov Papua akan buka sekolah khusus olahraga di kawasan olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Dimana, sekolah olahraga itu khusus menyiapkan Sumber Daya Manusia Papua di cabang olahraga atletik dan sepak bola.

“Kita fokus pada dua cabang olahraga ini dulu. Kita menjadikan dua cabang olahraga andalan putra-putri Bumi Cendrawasih sebagai ikon provinsi,” ungkapnya.

Pembangunan proyek Stadion Papua Bangkit sendiri memiliki kontrak senilai Rp 1,3 triliun.

Tempat ini memiliki total area 13,7 hektare (ha) dengan luas stadion utama 71.697 meter persegi.

Selain itu, kompleks stadion juga dilengkapi dengan lapangan latihan seluas 13 ribu meter persegi dan bangunan utility seluas 450 meter persegi.

Stadion yang memiliki daya tampung 40 ribu orang ini kelak dipersiapkan untuk gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020, dimana Papua bertindak menjadi tuan rumah. (lam/rm)

LEAVE A REPLY