WAMENA (PT) – Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI. Tri Bowo Budi Santoso melakukan Apel Karya Bhakti Sosial Lanud Silas dalam rangka pembangunan mushola yang juga dijadikan gedung TPA di Kampung Yapema, Distrik Asolokobal, Kabupaten Jayawijaya.

Komandan Lanud Silas Papare mengatakan, melalui Karya Bahkti Lanud Silas Papare dapat meningkatkan semangat gotong royong dan kekeluargaan antara TNI dan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya khususnya di Kampung Yapema.

“Pembangunan Mushola yang juga digunakan untuk TPA di Desa Yapema selainkan kegiatan fisik kegiatan non fisik berupa kegiatan ceramah bela negara untuk belajar perjuangan menata kehidupan bangsa dan masyarakat Republik Indonesia,” katanya.

Dari seluruh kegiatan yang digelar Lanud Silas Papare, merupakan wujud perhatian untuk mengatasi kesulitan yang ada di Kampung Yapema.

“Selain itu, dapat membantu masalah masyarakat muslim di Yapema, sehinga dapat memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat di kampung Yapema,” ujarnya.

H. Kahar Yelipele, Ketua Umum Mesjid Raya Provinsi Papua, sebagai ketua panitia TPA ini merupakan harapan dari masyarakat muslim disini.

“Karena saat pelaksanaan Halal Bihalal tahun 2018 lalu, masyarakat sangat menerima baik Komandan Lanud Silas Papare, Marsma TNI Tri Bowo Budisantoso,” kata Kahar Yelipele.

Munurutnya, pembangunan TPA ini sudah diimpikan oleh masyarakat Islam Wamena, dengan adanya gedung TPA ini, dapat menjadi pembelajaran Quran.

Menurutnya, pembangunan TPA ini bisa adanya pembinaan intensif untuk pembelajaran Islam yang baik, tata cara berwudu yang baik dan pembelajaran Quran bagi anak anak di Kampung Yapema.

“Memang sudah ruangan yang di sediakan di kantor balai kampung, namun untuk lebih intens lagi degan adanya pembangunan ini dapat meningkatkan pembalajaran tentang islam yang baik,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, masyarakat yang berada di Kampung Yapema tidak hanya beragama muslim, namun disini juga ada yang beraga nasrani, untuk itu sikap saling tolerasi dan kebersamaan di kampung berjalan dengan baik.

“Hal ini disambut baik bagi masyarakat disini, debgan saling toleransi dan saling membantu dalam segala kegiatan yang dilakukan, dari perayaan hari besar keagamaan, hari lebaran dan hari raya Natal,” imbuhnya.

Usai melaksanakan Apel Pembukaan Karya Bakti Lanud Silas Papare, Komandan Lanud Silas Papare memberikan bantuan buku dan perlengkapan jerudung kepada Kepala Suku,  Yapema, Distrik Asolokobal. (ai/sri)

LEAVE A REPLY