SENTANI (PT) – Kapal Wisata Foi Moi milik Pemerintah Kabupaten Jayapura diresmikan operasionalnya oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw di Dermaga Khalkote, Distrik Sentani Timur, Rabu, (18/12).

Kapal Foi Moi yang dibangun oleh PT Royal Advanced Fiber selaku kontraktor, diketahui memiliki panjang 20 meter dan lebar 5 meter dengan fasilitas lengkap untuk dijadikan kapal wisata.

Sementara Bupati Jayapura mengatakan, kapal wisata ini merupakan terobosan baru yang dilakukan Pemkab Jayapura, seperti di beberapa tempat di Papua, baru pertama kali di Kabupaten Jayapura.

Menurutnya, kehadiran Kapal Foi Moi diharapkan dapat meningkatkan perhatian bagi semua pihak yang mau investasi sektor pariwisata di Kabupaten Jayapura.

“Dengan mengunakan teknologi dan yang dikerjakan di Pingiran Danau Sentani, kita berharap dapat memberikan semangat baru untuk semua pihak dari investor di bidang pariwisata terutama kepada masyarakat di Danau Sentani sehingga masyarakat harus tersentuh dengan kapal ini, ini tantangan bagi OPD dan memanfaatkan fasilitas ini,” katanya.

Dikatakan, akan dilakukan pembuatan perda untuk dapat memproteksi, terutama bagi Kapal Foi Moi ini tidak ada yang bisa membawa makanan dari luar, tetapi penyediakan makanan di kapal dari kampung-kampung yang ada di sekitar Danau Sentani.

“Tidak boleh ada yang membawa makanan dari luar kapal, nantinya di kapal ada yang suplai makanan dari berbagai kampung di Danau Sentani. Jadi nanti didiskusikan lagi dan membuat perdanya, supaya orang yang ingin masuk berwisata di danau ini, menikmati suasana danau secara utuh, baik alam maupun kulinernya,” imbuhnya. (ai/sri)

LEAVE A REPLY