SENTANI (PT) – Personil Polres Jayapura bersama pejabat utama Polda Papua dan komunitas Gowes (sepeda) Jayapura melakukan penanaman pohon di Bukit Teletabis Doyo Lama Distrik Waibu Kabupaten Jayapura. Sabtu, (4/1) pagi.

The Pinang “Polisi Sentani Cinta Lingkungan” dalam mendukung program Kapolri “Polri Peduli Penghijauan” menanam sebanyak 200 pohon berbagai jenis di bukit teletabis yang dipimpin langsung Kapolres Jayapura, AKBP. Victor Dean Mackbon, dihadiri para pejabat utama Polda Papua, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura, anggota Polres Jayapura dan anggota komunitas Gowes Jayapura.

“Kegiatan kita pagi ini The Pinang (Polisi Sentani Cinta Lingkungan) “Polri Peduli Oenghijauan” merupakan program Kapolri, setiap personil Polri wajib menanam pohon, bisa dimana saja dari lingkungan markas kepolisian, di halaman rumah ataupun di ruang-ruang yang memang dilihat bahwa ada ancaman bencana yang cukup tinggi,” kata Kapolres Jayapura.

Menurutnya, ini akan dilakukan secara berkelanjutan, tentunya tujuannya untuk menjaga alam pada prinsipnya kalau kita jaga alam, maka alam juga akan menjaga kita, memang tidak terlihat sekarang namun bila dijaga terus dan dipelihara mungkin 10 atau 20 tahun ke depan akan bermanfaat bagi anak cucu kita.

Lebih lanjut, lokasi untuk program The Pinang ini pastinya di Mako Polres, Polsek halaman rumah hingga tempat-tempat yang akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dimana saja yang perlu dan bisa ditanami, terutama daerah yang rawan longsor, misalnya di jalan Sentani Timur yang berada di kaki gunung, lereng-lereng tersebut akan  ditanam jenis tanaman merambat atau yang berakar serabut.

“Hari ini kita tanam 200 pohon di bukit teletabis, nanti pada tanggal 10 Januari 2020 akan dilaksanakan serentak juga oleh jajaran Polri di seluruh Indonesia,” ujranya.

Pihaknya juga sudah siapkan dan dibantu 1000 bibit pohon, tentunya kita akan bermitra dengan pemerintah, TNI maupun stake holder lainnya yang ada di Kabupaten Jayapura, sehingga program ini bisa menjadi program sinergritas, bersama-sama peduli terhadap lingkungan. (irfan)

LEAVE A REPLY