JAYAPURA (PT) – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) melalui Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua kembali membuka perekrutan Liaison Officer (LO) dan Relawan PON XX/2020 tahap kedua.

Pasalnya, pada rekrutan pertama hanya mendapati 10.911 pendaftar yang mengembalikan berkas administasi kepada panitia.

Hal itu disampaikan Ketua KNPI Papua, Alberto G. Wanimbo kepada wartawan di Jayapura, Rabu (8/1).

“Untuk peserta relawan bisa ikuti perkembangan di website relawan Papua, tahap pertama perekrutan kami hanya dapat 10 ribu lebih, kami juga sudah rapat dengan PB PON, rekrutmen tahap kedua kemungkinan besar dalam minggu ketiga bulan ini, tapi kami rapat dulu dengan semua bidang-bidang BP PON dan sub klaster PON terkait kebutuhan relawan maupun LO,” kata Alberto Wanimbo.

Dikatakan, data kebutuhan yang di perlukan untuk sukseskan penyelenggaraan PON 2020 dari PB PON sebanyak 26 ribu LO dan Relawan, sehingga harus dilakukan kembali rekrutan tahap kedua.

Setelah direkrut, lanjutnya, LO dan Relawan PON akan diberikan pelatihan-pelatihan khusus dari Sub Bidang-bidang PB PON.

“Masih kurang jadi kita rekrut tahap kedua untuk bisa cover kebutuhan PON XX nanti, jadi yang lolos sudah melalui berbagai tahapan dari bidang-bidang yang direkrut. Jadi setelah kita rekrut akan diserahkan kepada bidang-bidang untuk dilakukan pelatihan-pelatihan,” katanya.

Ditambahkan, setelah dilatih, secepatnya akan dilakukan simulasi atau cara menjadi LO dan Relawan PON, mengingat event olahraga nasional ini sangat penting bagi Papua dalam pemerataan pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat, sehingga ini momentum yang bisa di manfaatkan dengan baik anak-anak Papua.

“14 hari kemudian kita akan lakukan perekrutan di seluruh klaster PON, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Merauke. Dan setelah itu ada simulasi bagi LO dan Relawan untuk bagaimana menjadi tuan rumah yang baik bagi ribuan atlet/official dan tamu undangan yang datang ke Papua,” jelasnya.

Oleh karena itu, katanya, bagi anak-anak Papua yang tertarik mendaftar menjadi relawan PON, nanti bisa mendaftar setelah kita umumkan atau bisa mengunjungi situs/website.https// relawanponpapua.id. (lambert)

LEAVE A REPLY