JAYAPURA (PT) Gubernur Papua, Lukas Enembe akan menemui Presiden joko Widodo untuk melaporkan progres persiapan Papua sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

“Ya, Bapak Gubernur akan bertemu Presiden Jokowi melaporkan kesiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX,” ungkap Kepala Badan Penghubung Papua di Jakarta, Alex Kapisa  ketika dikonfirmasi  melalui telepon selulernya, Rabu (15/1).

Menurut Alex, rencana waktu pertemuan Gubernur dengan Presiden sedang dikoordinasikan bersama Sekretaris Negara (Sekneg).

“Kita sedang koordinasi untuk mengatur waktu pertemuan Gubernur dengan Presiden, dimana Gubernur akan laporkan persiapan penyelenggaraan PON di Papua, kemudian berkaitan dengan kebutuhan pembiayaan penyelenggaraan PON,” kata Alex.

Sementara ditanya terkait Instruksi Presiden (Inpres) baru tentang PON XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI, katanya, Inpres tersebut sudah berada di meja Presiden Joko Widodo.

“Inpres baru PON Papua sudah berada di meja Presiden, jika sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo, maka kita akan minta salinannya,” ujarnya.

Ia memastikan, jika Presiden sudah menandatangani Inpres PON, maka teman-teman di Kementerian PUPR  sudah bisa membangun dua venue PON Papua. Yakni, venue panahan, dan sepatu roda.

“Inpres baru PON ini hanya dua venue saja yang akan dibangun PUPR yakni venue sepatu roda dan venue panahan,” urainya.

Terkait dengan venue balap motor di Kabupaten Merauke, kata Kapisa, venue grass track bersumber dari anggaran APBD Kabupaten Merauke.

Sementara venue road rice menggunakan dana APBN dari Kementerian PUPR.

“Untuk venue road rice tidak masuk dalam Inpres PON, tapi dibangun pake dana reguler Kementerian PUPR dan akan dibangun oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional XVIII Jayapura,” imbuhnya. (lambert)

LEAVE A REPLY