JAYAPURA (PT) – Nasional Paralympic Commite (NPC) Papua mulai memetakan para atlet yang akan menjalani pemusatan latihan persiapan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) tahun 2020.

Kepastian tersebut disampaikan Ketua Umum NPC Papua, Jaya Kusuma kepada wartawan disela-ralat rapat koordinasi dengan para pengurus di Jayapura, kemarin.

Peparnas 2020 rencananya akan mempertandingkan sebanyak 14 cabor.

Jaya menargetkan Papua bisa raih peringkat ketiga se-Indonesia pada ajang disabilitas tersebut.

“Kami sekarang lagi siapkan 200 atlte dengan target masuk tiga besar, mengingat di Peparnas Jawa Barat tahun 2016 lalu, NPC Papua sukses rangking lima se-Indonesia,” ujarnya.

Jaya mengatakan, 200 atlet Papua yang akan diturunkan ini merupakan atlet berprestasi dan potensial yang telah memberikan prestasi kepada Papua diberbagai event skala Nasional bahkan Internasional.

Dikatakan pria yang juga menjabat sebagai Kadistrik Jayapura Selatan ini mengungkapkan 200 atlet disabilitas ini akan di rekrut ke daerah-daerah seluruh tanah Papua dan tentu melakukan seleksi maupun pengecekan kesehatan atau klasifikasi cabor bagi atlet tersebut.

Selain itu, NPC Papua sudah mengirimkan atlet-atlet penyumbang medali emas di berbagai daerah di Indonesia untuk menjalani pemusatan latihan.

“Mudah-mudahan dengan kekuatan 200 atlet ini, Papua bisa mempertahankan capai target,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelatih Sepak Bola Difabel, Yan Runtini mengatakan pihaknya akan segera mencari pemain.

“Ini cabor baru untuk kami di Papua, saya dalam waktu dekat akan berangkat bersama pengurus NPC ke beberapa daerah mencari pemain,” katanya. (lambert)

LEAVE A REPLY