JAYAPURA (PT) – Pertama sekali Papua dirundung duka atas wabah virus Corona atau Covid-19.

Seorang pasien berstatus positif Corona di salah satu rumah sakit di Timika, Kabupaten Mimika dinyatakan meninggal dunia, Jumat malam, (3/4)

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule lewat pesan di Group WhatsApp Wartawan Covid-19 Papua, Jumat malam, pukul 21.03 WIT.

“Teman2 yth. Dengan berat hati saya sampaikan hari ini 3 April 2020 jam 20.55 WIT, salah satu pasien Covid-19 yang dirawat di salah satu RS di Kab Mimika telah dipanggil Tuhan. Petugas medis telah berupaya semaksimal mungkin, namun Tuhan berkehendak lain,” kata Silwanus Sumule.

“Mari terus bergandengan tangan untuk kita bersama2 bersatu padu melawan Covid 19. Tuhan bersama kita,” lanjut Silwanus Sumule.

Ia mengatakan pasien tersebut dirawat sejak 28 Maret 2020 lalu.

Namun, ia tak menyebut pasien nomor berapa yang meninggal.

Seperti diketahui, tiga pasien positif Corona berada di RSUD Mimika.

Sebelumnya, Silwanus menyebut Satgas Covid-19 Papua saat ini sedang menangani 16 kasus positif Corona.

Rinciannya, sembilan kasus di antaranya berada di Kota Jayapura dan satu dinyatakan sembuh, Merauke dua kasus dan telah dinyatakan sembuh, Mimika tiga kasus dan Kabupaten Jayapura dua kasus.

Di sisi lain, sembilan orang PDP dinyatakan sembuh dan telah pulang ke rumahnya. Mereka berada di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Jayapura.

Kesembilan orang ini diminta mengkarantina dirinya selama 14 hari di dalam rumah.

“Jumlah kumulatif pasien positif covid 19 di Papua 16 orang, pasien yang sembuh 3 orang, PDP 45 orang, ODP 6723 orang,” terang Silwanus.

“Garda terdepan dari penanggulangan Covid-19 di Papua adalah masyarakat, tetap patuhi aturan dan protokol yang sudah disampaikan pemerintah, kami petugas kesehatan adalah benteng terakhir. Kalau pertahanan depan ambruk, maka benteng terakhir pasti akan ambruk juga,’ imbuhnya. (mt/sri)

LEAVE A REPLY