Termasuk 15 Asrama Mahasiswa Papua di Pulau Jawa

JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua resmi menyalurkan bantuan penanganan Covid 19 ke seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Papua.

Termasuk 15 asrama mahasiswa Papua yang berada di pulau Jawa juga mendapat bantuan.

Untuk asrama mahasiswa Papua, Pemprov Papua membantu dana sebesar Rp 50 juta untuk masing-masing asrama.

Selain itu, Pemprov Papua juga membantu 5 Rumah Sakit Rujukan Covid-19, yakni RSUD Timika, Wamena, Merauke, Nabire dan Biak masing-masing sebesar Rp 5 miliar maupun 5 Rumah Sakit Mitra masing-masing Rp 500 juta.

Kemudian sembako sebanyak 9.300 paket bahan pokok tahap pertama kepada, kelompok keagamaan, paguyuban, panti jompo, panti asuahan dan pesantren, asrama/pondokan mahasiswa sektor informal dan formal.

“Total anggaran yang Pemprov Papua kucurkan sebesar Rp 77 miliar untuk menangani penanganan wabah corona di Papua,” kata Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Main Hall Kantor Gubernur Rabu (30/4).

Wagub Klemen mengatakan, masyarakat Papua boleh minoritas secara kuantitas, tapi kita harus menjadi kualitas di republik ini.

Untuk itu, pihaknya minta kabupaten/kota dapat bergandengan tangan untuk memastikan situasi saat ini sehingga bisa terselesaikan dengan baik.

Iapun optimistis, jika wabah corona dapat diperangi bersama-sama dan sungguh-sungguh, maka semua masalah yang saat ini terjadi bisa selesai lebih cepat.

“Memang akhir-akhir ini kasus corona meningkat drastis dan data terakhir sampai hari ini sudah 206 kasus. Tapi harapan saya semua orang yang berstatus ODP dan PDP bisa segera jalani tes agar bisa diketahui hasilnya,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya akan terus menerus membantu dalam segala hal, baik administrasi, bantuan sosial, finansial maupun hal lain sesuai kapasitas.

“Untuk sementara kami bantu masing-masing Bupati dan Wali Kota masing-masing Rp 2 miliar, tetapi khusus untuk Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura ditambah Rp 2 miliar dengan demikian masing-masing Rp 4 miliar mengingat kasus di dua daerah ini meningkat,” imbuhnya.

“Anggaran yang kami berikan harus benar-benar dipakai untuk penanganan wabah covid-19. Kami juga sedang berusaha agar dalam waktu dekat ini, dana Otsus bisa juga diberikan. Saya harap dalam waktu tidak terlalu lama seluruh warga Papua keluar sebagai pemenang,” tambahnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY