SENTANI (PT) – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jayapura yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro mengatakan, selama adanya pandemi virus Corona atau Covid-19, PMI Kabupaten Jayapura terus melakukan program penanganan Covid-19 dengan melaksanakan berbagai kegiatan.

Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan seperti penyemprotan disinfektan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura dengan menyasar di sejumlah tempat ibadah, mulai dari gereja, masjid hingga vihara.

Selain itu, di Pasar Baru dan Pasar Lama Sentani yang sudah dijadwalkan.

“Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan di Lapas Narkoba Doyo Baru,” kata Giri wijayantoro kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu, (29/4).

Selain itu, PMI Kabupaten Jayapura juga terlibat aktif dalam kegiatan pembagian sembilan bahan pokok (sembako) kepada warga yang terkena dampak yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Jayapura.

“Pembagian sembako yang sudah kami lakukan di daerah terdampak seperti di Kelurahan Hinekombe dan Dobonsolo khususnya yang berada di dalam areal Pasar Lama yang saat ini masuk dalam kategori karantina wilayah tertentu,” ujarnya.

Lebih lanjut, pembagian sembako yang sudah dilakukan juga diberikan kepada sejumlah Panti Asuhan yang ada di Kabupaten Jayapura, termasuk karyawan hotel yang saat ini sedang dirumahkan.

Selain itu, buruh karyawan Hotel Tabita dan sejumlah pekerja salon kecantikan yang juga di rumah kan akibat pandemic covid 19 ini.

“Kami juga telah melakukan pembagian disinfektan bagi para sopir angkutan umum di wilayah Kabupaten Jayapura, pangkalan ojek dan Terminal Pasar Lama,” ungkapnya.

Meski diakui kegiatan-kegiatan itu memang belum bisa merata di sejumlah tempat karena pihaknya sendiri masih mengalami berbagai keterbatasan saat melayani masyarakat di lapangan.

Untuk itu, pihaknya berharap agar masyarakat terus bekerjasama dengan pemerintah untuk selalu taat dengan himbauan dan arahan pemerintah terkait penanganan penyebaran Covid 19 di Kabupaten Jayapura. (ai/sri)

LEAVE A REPLY