SENTANI (PT) – Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray mengajak masyarakat di Kabuapten Jayapura untuk kembali mengoptimalkan potensi sumber daya alam terutama sagu.

“Kami dari Pemprov Papua mengajak masyarakat Papua untuk kembali ke sagu.  Kita tanam sagu, kita lestarikan penataaan sagu agar kualitas menjadi baik,” kata Jan Ormuseray.

Menurutnya, dengan bahan dasar sagu dapat menjadi aneka macam makanan, salain itu juga pengelolaan jamur sagu menjadi nilai ekonomis yang tinggi apabila dioptimalkan.

“Kita kembangkan berbagai hasil olahan dari sagu, selain sagu bisa menjadi aneka makanan, seperti papeda, sagu bakar dan aneka kue olahan dari bahan sagu. Selain itu, Dinas Kehutan juga melakukan pengelolaa jamur sagu yang menjadi olahan yang sangat tinggi, yang bisa dikembangkan sepanjang mempunyai kemajuan untuk mengembangkan diri,” ujarnya.

Jan Ormuseray mengajak agar masyarakat untuk kembali ke sagu, karena dengan adanya pandemi virus Corona atau Covid-19 ini memberikan pelajaran bagi semua bahwa kita rapuh dalam ketahanan ekonomi, sehingga bergantung pada beras.

“Untuk itu, kita harus kembali ke sagu, karena sumber daya alam yang luar biasa, punya sagu yang bisa pengganti raskin, kemudian mempunyai laut dengan berlimpahnya ikan. Oleh karena itu, kembali mengoptimalkan potensi suberdaya alam dari sagu, untuk menjadi sumber ketahanan pangan ke depan,” pungkasnya. (ai/rm)

LEAVE A REPLY