SENTANI (PT) – Menyikapi pro kontra terhadap tujuh tahanan politik kasus rusuh Papua dalam persidangan di Pengadilan Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur hingga akhirnya dijatuhi hukuman lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Tinggi Papua, tampaknya menjadi perhatian serius Pemuda Tanah Tabi.

Pemuda Tanah Tabi bahkan mendukung penuh langkah DPR Papua yang telah menyurati Presiden RI, Ir Joko Widodo agar mengintervensi proses persidangan terhadap ketujuh tapol di Pengadilan Negeri Balikpapan tersebut.

Petrus Hamokwarong, Sekretaris Koalisi OKP di Tanah Tabi Kabupaten Jayapura mengatakan, proses yang telah dilakukan DPR Papua tersebut, sesuai dengan proses hukum yang berlaku dan tahapan sudah berjalan dengan baik, sehingga diharapkan pro kontra terkait tujuh tapol itu, tidak berlarut-larut.

“Untuk itu diharapkan bisa bekerjasama dengan apa yang diharapkan masyarakat terutama dalam situasi permasalahan yang besar yaitu Covid-19. Jangan dengan adanya situasi ini, menjadi beda pendapat dalam pengambilan pemikiran konsep sebagai wakil rakyat,” katanya.

Petrus menerangkan, keputusan yang sudah dilakukan DPR Papua, dalam hal ini menyurati Presiden RI Joko Widodo dan instansi terkait tujuh tahanan politik itu, tahapannya sudah selesai di Pengadilan Negeri Balikpapan.

“Sebagai Pemuda Tabi memberikan mendukung dan memberikan penguatan secara penuh lembaga wakil rakyat menjalankan tanggungjawab untuk bekerja melayani masyarakat di Tanah Papua,” ujarnya.

“Untuk itu apabila ada soal pemikiran antara mendukung dan tidak mendukung, itu harus hilangkan dan menerima secara hukum telah diputuskan di Pengadilan Negeri Balikpapan, Kalimantan Timur terhadap tujuh tahanan politik. Dari sisi positif bagaimana harus mendukung kegiatan pembangunan yang lagi berjalan di Tanah Papua, terutama dalam situasi permasalahan yang saat ini terjadi yaitu Covid-19,” ujarnya.

Ditambahkan, anggota DPR Papua harus melakukan apa yang menjadi amanat rakyat, untuk melihat persoalan yang terjadi di masyarakat, sesuai dengan harapan masyarakat di Tanah Papua, harus bekerja sama dengan baik, agar persoalan Papua dapat terselesaikan dengan baik. (ai/rm)

LEAVE A REPLY