JAKARTA (PT) – Pasca menjalani proses perawatan medis di RSPAD Gatot Subroto Jakarta selama 3 bulan, kini Gubernur Papua, Lukas Enembe akan menjalani pemulihan secara bertahap.

Bahkan, setelah dinyatakan pulih oleh tim dokter, orang nomor satu di Provinsi Papua itu secara resmi menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh rakyat Papua atas dukungan doa kepadanya.

“Selasa (14/7), saya akan berangkat ke Papua. Saya pribadi menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Papua yang sudah mendoakan saya terus menerus untuk sembuh. Menurut dokter saya harus istirahat total 3 hingga 4 bulan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kantor Badan Penghubung Provinsi Papua di Jakarta, Senin (13/7).

Pada kesempatan itu juga, Gubernur Enembe juga tak lupa menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Presiden Jokowi yang sudah perintahkan Menteri Kesehatan Terawan untuk menangani dirinya selama di rumah sakit.

“Saya sampaikan terimakasih untuk Presiden Jokowi dan Menkes serta para tenaga medis yang sudah merawat saya selama di rumah sakit hingga saya boleh keluar dan kembali ke Papua,” imbuhnya.

“Saya juga sampaikan terimakasih kepada Wakil Gubernur Papua dan seluruh jajaran Forkompimda Papua, yang sudah membantu tugas-tugas Gubernur selama ini dalam menangani covid-19 dan agenda pemerintahan lainnnya,” tambahnya.

Berkas 3 Calon Sekda Papua

Mengenai berkas tiga nama calon Sekda Papua yang sudah dinyatakan lulus tes akhir, diakui Gubernur Enembe bakal diserahkan ke Tim Penilai Akhir (TPA), yang diketuai Presiden Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri.

Diakui Gubernur Papua Enembe bahwa meskipun dirinya masih dalam tahap pemulihan pasca menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, tapi seluruh tahapan seleksi tetap dalam pantauannya.

“Nanti dari tiga nama itu yakni Doren Wakerkwa, Wasuok Demianus Siep dan Dance Yulian Flassy, tim TPA hanya memilih satu orang. Apa yang diputuskan Presiden, itu yang kami akan akui sebagai Sekda Papua,” terangnya.

Ia menjelaskan, Pemprov Papua harus segera memiliki Sekda definitif, sebab ke depan akan ada agenda Pilkada.

Bahkan, saat ini Papua sedang menghadapi pandemi Covid-19 sehingga butuh kebijakan-kebijakan strategis.

“Dengan adanya Sekda definitif, saya yakin akan ada keputusan-keputusan terbaik, apalagi dengan kondisi saya saat ini. Untuk itu, saya berterimakasih kepada Penjabat Sekda yang sudah mempersiapkan semua ini dengan baik dalam waktu singkat,” ujarnya.

Papua Siap Laksanakan PON

Tak lupa juga Gubernur Enembe menyinggung soal PON XX tahun 2021 di Papua yang menyatakan kesiapan Papua dalam menghadapi PON tersebut.

“Kita sudah siap laksanakan PON di Papua. Semua venue yang kita bangun sudah siap digunakan tinggal pelaksanaannya saja,” tandasnya. (rm)

LEAVE A REPLY