JAKARTA (PT) – Seniman Papua yang berada di Jakarta dan kota lainnya bakal dilibatkan dalam upacara pembukaan atau opening ceremony Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, dalam rapat koordinasi bersama dengan bidang upacara, pihaknya telah mengingatkan pihak konsultan pada bidang upacara untuk melibatkan para seniman Papua.

“Dalam rapat tersebut, saya sudah melihat paparan konsultan. Mereka harus libatkan seniman Papua untuk menampilkan karya-karya anak-anak Papua pada opening ceremony maupun closing ceremony PON XX Papua,” ungkap Yunus Wonda.

Yunus mengatakan, pembukaan PON, panitia akan menonjolkan budaya Papua.

“Saya sudah tegaskan kepada pihak konsultan juga untuk opening ceremony lebih menonjolkan atau memberi nuansa, identitas budaya Papua,” ujarnya.

Tidak hanya budaya, bidang pariwisata dan bidang lainnya turut dilibatkan.

“Pada prinsipnya kita lebih menonjolkan kearifan lokal Papua,” paparnya lagi.

“Budaya Papua kita utamakan, tapi juga budaya lainnya ada. Kita tunjukan bahwa kita adalah Indonesia, PON Papua ini ivent kebersamaan bagi anak bangsa,” tambahnya.

Selain seniman Papua, katanya, PB PON merencanakan mengundang beberapa artis nasional untuk meramaikan ivent empat tahunan di Papua.

Ia menambahkan, lagu-lagu Papua zaman tempo dulu dari group Band Mambesak, Black Sweet, Black Brothers perlu diangkat kembali.

“Lagu-lagu band asal Papua ini harus kita angkat kembali, karena banyak lagu-lagu Papua sudah mulai hilang. Kita angkat dan akan putar pada setiap venue PON, karya seni dari band legend Papua harus kita disemarahkan pada pelaksanaan PON nanti,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan para seniman tersebut juga sedang membuat lagu PON Papua.

Dengan demikian, pada pembukaan PON nanti lagu tersebut akan diluncurkan.

“Kita minta para seniman Papua untuk membuat lagu PON, lagi ini akan dirilis saat pembukaan PON XX di Papua,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY