JAYAPURA (PT) – Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM secara resmi melantik Doren Wakerkwa, SH sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Papua menggantikan, DR. M. Ridwan Rumasukun, SE, MM, Jumat (25/9) di Gedung Negara.

Pada pelantikan tersebut juga dilakukan pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi menggantikan Sueb Cahyadi.

“Ini proses yang berkelanjutan yang lama. Karena belum ada Sekda defenitif, jadi untuk sementara kita kasih ke pak Doren Wakerkwa sebagai penjabat Sekda,” kata Wagub Klemen Tinal.

Menurutnya, penetapan nama pejabat Sekda defenitif masih menunggu keputusan dari Presiden, sehingga untuk sementara jabatan Sekda dijabat oleh Asisten Bidang Pemerintahan, Doren Wakerwa.

“Sebab Sekda defenitif kita masih tunggu, kalau lama tidak masalah, pak Doren bisa pimpin sampai masa Lukas Enembe dan Klemen Tinal selesai,” bebernya.

“Dia juga nomor satu juga, jangan sampai nomor lain diambil karena wibawa negara akan runtuh dengan cara yang tidak masuk akal,” tambahnya.

Dikatakannya, sebagai orang Papua harus dapat memberikan contoh bahwa memgelolah negara yang baik seperti apa dengan mengambil sikap yang konsisten dalam mempertahankan undang-undang.

Karena, lanjut Wagub bahwa undang-undang tertinggi dibanding kepentingan orang-orang per orang, pribadi dan kelompok.

“Ini pesan yang perlu sampaikan kepada semua orang di tanah Papua bahwa Pemerintah Provinsi Papua konsisten untuk menjalankan secara munri dan konsekuen undang-undang dasar negara maupun undang-undang lain dengan tetap melakukan dengan baik dan benar,” tegasnya.

Sementara mengenai BPKP, Wagub Klemen Tinal mengatakan BPKP Perwakilan Papua merupakan mitra kerja Pemprov untuk mengawasi dan memeriksa pengelolaan serta tanggungjawab pelaksanaan keuangan yang dilakukan oleh Pemerintah pusat di daerah, maupun pemerintah serta BUMN di wilayah Provinsi Papua, BUMD serta badan layanan umum dan badan lain yang mengelolah keuangan negara.

“Sehingga dengan dikukuhkannya saudara Yan Setiadi sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, kami harapkan kerjasama yang erat terjalin seperti sebelumnya, kita jaga bahkan kami tingkatkan,” tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY