TOLIKARA (PT) РDalam rangka mendukung persiapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui Dinas Kesehatan mengelar sosialiasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dengan melibatkan Puskesmas serta tenaga medis lainnya.

Sosialisasi itu digelar selama sehari di Aula Dinkes Tolikara di Karubaga, Sabtu (20/2).

Sosialisasi tersebut dipandu Kepala Dinas Kesehatan Tolikara, Alsen Genongga melalui Sekretaris Legion Yikwa didampingi dr. Briand Sugito.

Sekretaris Legiun yikwa menegaskan sosialisasi program vaksinasi Covid-19 sudah disampaikan secara luas pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 secara masif melalui media massa.

“Kami paham ada beberapa informasi yang mungkin masih sulit dimengerti masyarakat luas, karenanya sosialisasi ini terus menerus akan dilakukan sampai masyarakat paham dengan baik,” ungkapnya.

Dikatakannya, prioritas penerima vaksin Covid-19 ditujukan kepada tenaga medis dan staf Dinas Kesehatan Tolikara.

Selain itu, juga kepada orang yang belum pernah terpapar Covid-19 untuk memperoleh kekebalan kelompok atau herd immunity.

Kekebalan kelompok tersebut didapat melalui individu yang mendapat vaksinasi.

“Dalam masa pandemi untuk membentuk kekebalan kelompok tidak harus memvaksinasi seluruh individu, karena tidak semua individu bisa divaksinasi seperti mereka yang memiliki masalah kesehatan,” terang Legiun Yikwa.

Menurutnya, Indonesia sendiri melaksanakan vaksinasi dengan memprioritaskan kelompok masyarakat tertentu yang memiliki risiko tertular Covid-19 lebih tinggi dari pada lainnya dan tentunya memenuhi syarat.

“Herd immunity akan tercapai apabila penularannya menurun terus menerus sampai sangat minimal atau tidak ada sama sekali,” jelasnya.

Untuk itu, rencananya dalam waktu dekat Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara akan mengirim tim kesehatan Ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya untuk mengikuti pelatihan menjadi vaksinator.

“Usai pelatihan tim Klkesehatan akan kembali ke Tolikara untuk memberikan vaksinasi kepada tenaga kesehatan saja. Baik itu Kepala Puskesmas dan juga semua staff Sedangkan untuk umum akan dilaksanakan setelah Kami melewati vaksinasi tahap pertama dan tahap kedua bagi tenaga kesehatan,” imbuynya. (Diskominfo Tolikara/rm)

LEAVE A REPLY