JAYAPURA (PT) – Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) percepatan penyusunan evaluasi jabatan PNS bagi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Se-Papua,┬ádi Sasana Karya, Selasa (9/3).

Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana menyatakan, bimbingan teknis tersebut  merupakan salah satu bagian kerja BKN untuk menindaklanjuti Inpres No 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Jadi setiap Kementerian dan Lembaga wajib untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, BKN karena memang tugasnya untuk melakukan pembinaan dan penyelenggaraan ASN mencoba membantu meningkatkan pemerintahan di Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Papua dan Papua Barat,” kata Bima.

Ia mengaku, bimbingan teknis tersebut bertujuan untuk mencoba meningkatkan kelas birokrasi, serta bagaimana meningkatkan kemampuan kompetensi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sebab untuk meningkatkan kompetensi, penyusunan evaluasi PNS ini ada di tahapan kedua, tahap pertama adalah masing-masing kabupaten/kota harus mampu mengidentifikasi kebutuhannya melalui analisa jabatan dan analisa beban kerja,” terangnya.

Menurutnya, jika jumlah jabatan sudah diketahui sesuai kebutuhan, maka nanti orang-orang yang menduduki jabatan itu tentu harus memiliki kompetensi dan juga memiliki apresiasi sesesuai dengan jabatan.

“Untuk memberikan apresiasi diperlukan penetapan nilai jabatan melalui evaluasi jabatan. Jadi berapa besar sebetulnya dalam jabatan tersebut seseorang diberikan tunjangan,” tukasnya.

Sebab tanpa adanya evaluasi jabatan untuk mendapatkan nilai jabatan, tentu akan kesulitan untuk membuat standar, jangan sampai yang bekerja lebih ringan mendapat apresiasi lebih besar.

“Jadi ini diberikan untuk memberikan keadilan dan juga apresiasi yang tepat bagi setiap orang ini yang akan coba lakukan, kami akan bersafari nanti pada beberapa cluster agtar teman-teman dapat melakukan manajemen ASN yang lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM mengapresiasi kegiatan bimbingan teknis tersebut.

“Kita bersyukur dari pusat ada datang untuk memberikan bimtek, kami harap dengan Bimtek ini juga mereka bisa lihat ┬ákondisi obyektif di Papua,” tandas Wagub Klemen Tinal. (ing/rm)

LEAVE A REPLY