Mendagri, Tito M. Karnavian saat bertemu Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH, Senin (5/4) di ruang kerja Gubernur di Gedung Negara

Foto bersama
Foto bersama

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengharapkan pelaksanaan PON XX Tahun 2021 Provinsi Papua dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Harapan itu disampaikan Gubernur Papua ketika bertemu Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito M. Karnavian di ruang kerja Gubernur di Gedung Negara, Senin (5/4)

Gubernur menegaskan, dalam tahun ini semua agenda difokuskan kepada penyelenggaran PON sehingga bisa sukses dan tidak boleh ada agenda tambahan.

“Saya fokus kepada agenda PON dan saya mau PON sukses. Tidak ada agenda lain. Kita harus berkipir bagaimana keamanan dijaga baik,” tegas Gubernur kepada wartawan usai pertemuan.

Selain itu, Gubernur juga menyampaikan kepada Mendagri bahwa pihaknya sudah mengajukan dana tambahan untuk PON sebesar Rp. 1.6 triliun kepada pemerintah pusat.

“Pemerintah pusat siap membantu dana tambahan untuk PON sebesar Rp. 1.6 triliun. Menteri Keuangan sudah siap membantu,” imbuhnya.

Disinggung soal persoalan dirinya yang pergi ke PNG, Gubernur Enembe mengaku sudah menjelaskan kepada Mendagri bahwa untuk keperluan berobat tradisional di bagian kaki dan juga pihaknya sudah melaporkan ke konsulat saat berada di Vanimo.

Bahkan menurut Gubernur bahwa pemerintah PNG tidak mempersoalkan kedatangannya ke PNG.

“Ini negeri kami. Masyarakat jangan takut. Masyarakat jangan terprovokasi dengan berita-berita hoax. PNG tidak mempersoalkan kedatangan saya, kenapa malah Indonesia yang persoalkan,” tegasnya dengan nada kesal. (rm)

LEAVE A REPLY