Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang diwakili Kepala Bappeda, Yohanes Walilo saat membuka Rakerda IV PKK Papua, Senin (19/4)

JAYAPURA (PT) —Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dengan visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera yang Berkeadilan akan terus mendorong  gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Papua, untuk terus berkarya menuju kemandirian dan kesejahteraan masyarakat khususnya keluarga.

Demikian sambutan tertulis Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang dibacakan Kepala Bappeda Papua, Yahanes Walilo ketika membuka Rakerda IV PKK Papua dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Provinsi Papua Tahun 2021 di Hotel Horison, Jayapura, Senin (19/4).

Ia mengatakan, gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, lahir dan batin.

Dikatakan, TP PKK adalah mitra kerja pemerintah dan organisasi kemasyarakatan lainnya yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya program PKK.

“Hubungan kerja dalam gerakan PKK bersifat konsultatif, koordinatif dengan tetap memperhatikan hirarki dalam setiap jenjang TP PKK,” katanya.

Ia mengatakan, salah satu dukungan Pemprov Papua dan juga Pemerintah Kabupaten/Kota adalah pelaksanaan Rakerda IV PKK yang diikuti oleh TP PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Provinsi Papua.

Diakunya, Rakerda  IV PKK yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali diharapkan dapat menghasilkan program dan kegiatan yang mendukung pembangunan di daerah masing-masing, dalam menjalankan fungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang untuk terlaksananya sepuluh program pokok PKK.

Yakni kemitraan dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota lembaga kemasyarakatan swasta serta stakeholders lainnya perlu terus dijaga secara berkesinambungan, karena itu perlu direncanakan dengan baik dan terarah.

Sementara itu, Ketua TP PKK Papua, Ny. Yulce W. Enembe mengatakan, pihaknya mengharapkan Pemprov Papua, Pemkab dan Pemkot membantu menyiapkan anggaran yang lebih memadai, untuk kelancaran roda organisasi PKK provinsi Papua dan kabupaten/kota.

Sekedar diketahui Rakerda IV PKK Tingkat Provinsi Papua Tahun 2021 berlangsung selama 19-20 April 2021.

Peserta dalam mengikuti Rakerda IV PKK Papua berjumlah 228 orang terdiri peserta Pemprov Papua berjumlah 68 orang terdiri dari pengurus TP PKK Papua sebanyak 50 orang, Pembina TP PKK Papua sebanyak 13 orang, Penasehat TP PKK Papua sebanyak 5 orang, Sekretariat TP PKK Papua sebanyak 5 orang.

Peserta dari TP PKK  Kabupaten dan kota sebanyak 160 orang, masing masing terdiri dari 21 kabupaten dan 1 kota.

Masing-masing Ketua TP PKK Kabupaten/Kota, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Pokja I, II, III da IV. (ign/rm)

LEAVE A REPLY