Pertemuan antara Sekda Papua bersama pemuda Papua yang tergabung dalam pengusaha muda Papua, Senin (26/4) di Sasana Karya Kantor Gubernur Papua

JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bakal melakukan kerjasama dengan lembaga perbankan dalam rangka memberikan kredit lunak kepada para pemuda calon pengusaha muda Papua.

Upaya tersebut tertuang dalam pertemuan yang dipimpin Sekda Papua, Dance Yulian Flassy, SE, M.Si didampingi instansi terkait di lingkungan Pemprov Papua.

“Kami minta perbankan aktif memberikan bantuan berupa kredit lunak kepada masyarakat, terutama para pemuda Papua,” ungkap Sekda Flassy usai sosialisasi bagi para pemuda dalam rangka mengembangkan dunia usaha di Papua di Sasana Karya Kantor Gubernur Papua, Senin (26/4).

Sekda mengatakan, selama ini ada kevakuman diantara pemuda atau calon pengusaha muda Papua.

Padahal para pemuda Papua memiliki potensi, tapi belum dikembangkan secara maksimal.

“Saya contohkan telur saja kita satu bulan 9 juta butir harus dibawa dari luar Papua. Itu sebabnya  orientasi impor kita tinggi sekali sesuai data statistik. Bahkan cabe, tomat, sereh dan lain-lain semuanya dari luar,” katanya.

Dikatakan, para pemuda di Papua bisa mengembangkan  produk-produk tersebut cukup tersedia, apalagi seluruh tanah Papua ini subur dan pasar yang terbentang luas.

“Kita bantu dorong para pengusaha muda Papua, untuk kembagkan sendiri. Siapa tahu dua tiga tahun mereka juga bisa bangkit. Tapi harus dilakukan pendampingan dari instansi terkait,” pungkasnya. (fil/rm)

LEAVE A REPLY