Sekretaris Umum PB PON XX Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM

JAYAPURA (PT) – Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua 2021 bersama pengurus cabang olahraga telah merampungkan penyusunan Technical Hand Book (THB) PON XX Papua.

THB PON XX secara resmi diserahkan Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk dipublikasikan pada website PON.

Penyerahan TBH PON berlangsung di Aula Otonom Kotaraja, Selasa (27/4) malam oleh Koordinator Bidang Pertandingan, Jan Jap Ormuseray saat menyerahkan THB kepada Bidang TIK, Kansiana Salle disaksikan Sekretaris Umum PB PON Papua, Elia Loupatty dan pengurus lainnya.

“Bisa dibilang THB ini adalah buku suci dalam penyelenggaraan PON XX. Proses yang berlangsung cukup lama dan melalui diskusi dan koordinasi yang intens semua bisa berjalan dengan baik. Kita patut berbangga bahwa penyusunan THB ini dapat tersusun dengan baik walaupun mendapatkan pergulatan cukup panjang yang menguras waktu, tenaga dan pikiran,” jelas Sekum, Elia Loupatty kepada wartawan, Rabu, (28/4).

Menurut Loupatty, PON XX berbasis TIK sehingga penyusunan dan pembahasan THB dapat dilaksanakan dengan cepat.

“Jadwal tersebut sangat mempengaruhi prestasi dari setiap atlet, karena jika berbicara soal PON maka jantungnya ada di bidang pertandingan di mana THB lah jantungnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan setelah bidang pertandingan selesai dibahas, lalu diserahkan kepada TIK dan pada Selasa malam (27/4) sudah diterbitkan pada website PB PON.

“Seluruh Indonesia sudah membaca hal ini di website PB PON dan ini menjadi ajang prestasi bagi atlet karena tiap provinsi sudah mengetahui masing-masing yang akan ikut pertandingan,” katanya lagi.

Sementara itu, Koordinator Bidang pertandingan PB PON, Yan Yap Ormuseray mengatakan, penyerahan THB ini merupakan bagian penting karena akan menjadi buku pedoman teknis pada pelaksanaan PON XX pada bulan Oktober mendatang.

“Kami secara resmi sudah serahkan kepada PB PON untuk kemudian Bidang TIK akan mempublish di website SIMPON untuk dilihat oleh seluruh kontingen seluruh indonesia,” tambahnya.

Namun demikian, kata Ormuseray, masih ada 4 cabang olahraga yang belum merampungkan THB-nya, yakni Anggar, Muaythai, Hoki Outdoor dan Indoor.

“THB yang serahkan ini sebanyak 50 dari 54 cabor disiplin PON XX karena ada 4 THB yang belum rampung, harapan kami dalam waktu segera dirampungkan untuk dipublis,” pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY