Suasana rapat terbatas antara Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH didampingi Ketua Harian PB PON XX Papua 2021, Yunus Wonda dan Ketua PB Peparnas XVI, Doren Wakerkwa dengan Presiden Joko Widodo

JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH selaku Ketua Umum PB PON XX Papua 2021 didampingi Ketua Harian PB PON, Yunus Wonda, Sekretaris Umum PB PON, Elia Loupatty dan Ketua Harian Peparnas XVI, Doren Wakerkwa mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden RI, Joko Widodo bersama jajaran kementerian terkait, Selasa (13/7) di Gedung Negara.

Ratas tersebut membahas tentang kesiapan penyelenggaraan  PON XX Papua dan Peparnas XVI dimana ratas juga berlangsung secara virtual.

“Pak Gubernur Enembe dalam ratas itu  menyampaikan bahwa Papua aman dan siap melaksanakan PON dan Peparnas,” kata Juru Bicara Gubernur Papua, M. Rivai Darus usia mengikuti ratas.

Menurut Jubir bahwa kedepan akan ada regulasi yang dikeluarkan Presiden terkait apakah pelaksanaan PON dan Peparnas tanpa penonton atau tidak, mengingat kasus Covid-19 di Indonesia meningkat.

“Presiden Jokowi tadi juga menyampaikan sekaligus menekankan agar vaksinasi di Papua bisa berjalan cepat dan merata,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian PB PON XX Papua, Yunus Wonda menjelaskan, Presiden Jokowi menginginkan agar semua warga yang ada sekitar kawasan venue harus divaksin.

“Ini arahan Presiden supaya masyarakat yang ingin menyaksikan pembukaan hingga penutupan sudah divaksin. Sebab, beliau juga menginginkan agar semua masyarakat bisa menonton langsung perhelatan PON dan Peparnas,” terang Wonda.

Ia mengakui, sampe hari ini persiapan PB PON sudah 80 persen. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat tetap menjaga keamanan serta ikut serta sukseskan perhelatan PON XX Papua.

“Situasi Covid 19 tidak akan menjadi halangan bagi kami panitia. Intinya, PON XX Papua akan tetap terlaksana di bulan Oktober 2021,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Harian PB Peparnas XVI Papua, Doren Wakerkwa menegaskan PON dan Peparnas akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal dan apakah dengan penonton, itu akan diputuskan di September 2021.

“Harapan kita bulan Oktober nanti angka kasus Covid 19 sudah menurun. Makanya, kami minta masyarakat ikut mendukung suksesnya PON dan Peparnas,” pungkasnya. (rm)

LEAVE A REPLY