Bupati Puncak Jaya saat menyerahkan duplikat bendera merah putih utk dikibarkan

PUNCAK JAYA (PT) – Upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya berlangsung aman dan penuh khidmat, Selasa (17/8).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda S,Sos, SIP MM dan dihadiri Wakil Bupati, Deinas Geley, S,Sos, M.Si, Ketua DPRD Zakarias Telenggen, Dandim 1714/PJ, Letkol Inf. Rofi Ardiansyah, Wakapolresta Kompol Irianto Jhon, Sekda Tumiran, S,Sos, MKP, Ketua TP PKK, Ny. Ursul Waminop, SKM, M,Kes, Ketua DWP Puncak Jaya, Ny. Manikem, S,Sos, MAP, Staf Ahli Bupati, Ukkas S,Sos, MKP dan pimpinan OPD, pimpinan TNI Polri, Kepala Distrik, perwakilan tokoh agama dan ormas.

Upacara berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Bertindak sebagai Komandan Upacara Letda Kav. Julian Leonardo Sihombing, sementara Perwira Upacara Kapt Inf. Indra Siswanto.

Adapun pasukan
pengibar bendera merupakan putra putri terbaik kabupaten Puncak Jaya yang terpilih dari SMU Negeri 1 Mulia, dimana Vero Telenggen dipercaya untuk membawa bendera merah putih.

Teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Zakarias Telenggen.

Menariknya, karena usai upacara dilanjutkan dengan lomba yel-yel yang diikuti personil TNI Polri dan pasukan pengibar bendera.

Di tengah terik matahari namun dengan suhu yang dingin, upacara berlangsung penuh khidmat yang ditutup dengan penyerahan sertifikat tanah dari Badan pertanahan kepada masyarakat yang diserahkan simbolis oleh Bupati Puncak Jaya.

Usai upacara dilanjutkan dengan resepsi kenegaraan yang berlangsung di mainn hall kantor Bupati.

Dalam resepsi juga diserahkan hadiah dan piagam penghargaan kepada pemenang sejumlah lomba yang digelar dalam rangka memeriahkan Hut ke-76 RI.

Seperti hadiah dan piagam penghargaan kepada instansi yang aktif melaksanakan vaksinasi dimana Dinas Kesehatan keluar sebagai juara pertama.

Lalu lomba Yel yel yang dimenangkan Polres Puncak Jaya, piagam penghargaan kepada tiga OPD paling aktif dalam proses pengadaan barang dan jasa dan satu pejabat pengadaan dengan kinerja terbaik, pemenang pertama Badan Kepegawaian Pendidikan, Pelatihan dan Diklat Daerah (BKPPD), kedua Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, dan ketiga Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan dan Anak.

Lomba keindahan dan kebersihan OPD dimenangkan oleh kantor Dinas Kominfo.

Untuk lomba gapura dan kebersihan distrik tipe A, dimenangkan Distrik Yamo, tipe B oleh Distrik Irimuli

Bupati Puncak Jaya kepada wartawan usai acara resepsi mengatakan, peringatan HUT ke-76 RI wajib dilaksanakan tiap tahun oleh seluruh bangsa Indonesia dimanapun termasuk masyarakat di Puncak Jaya.

“Memang tahun ini kita tidak melaksanakannya dengan meriah seperti di tahun tahun sebelumnya yang melibatkan seluruh masyarakat, karena kali ini kita dilanda pandemi Covid-19,” ucap Bupati.

Merujuk pada tema nasional tahun ini, “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, Bupati berharap bangsa Indonesia bisa kembali bangkit dan bertumbuh di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Sesuai tema maka seluruh indonesia baik dari sisi pendidikan, kesehatan dan berbagai macam sektor harus tumbuh. Karena pandemi membuat seluruh segi kehidupan masyarakat terganggu, termasuk dari segi ekonomi banyak terjadi penangguran,” ungkap Bupati

“Sebagai warga negara kami yang ada di Puncak Jaya juga harus tumbuh berkembang ke depan baik secara jasmani dan rohani. Dan kami juga harus tumbuh dari segala lini kehidupan,” tegasnya. (ist/rm)

LEAVE A REPLY