Suasana upacara pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 76 di Gedung Negara

JAYAPURA (PT) – Upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 tingkat Provinsi Papua berlangsung di halaman Gedung Negara dengan penuh hikmat dan sesuai protokol kesehatan.

Meski peringatan HUT Kemerdekaan RI kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana masa pandemi Covid-19 namun tidak mengurangi rasa semangat Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang menilai bahwa peringatan detik-detik proklamasi bukan main-main dan penuh dengan perjuangan bahkan sakral.

Gubernur Enembe melalui Juru Bicara, M. Rifai Darus mengatakan, kemerdekaan adalah sesuatu yang sangat sakral.

Untuk itu, setiap generasi muda wajib memaknai momen ini.

“Kemerdekaan Indonesia harus diisi dengan berbuat hal yang lebih baik. Mari membangun Papua dengan semangat tinggi, agar apa yang riharapkan bisa terwujud,” tegasnya.

Di situasi pandemi Covid-19, Gubernur Enembe juga meminta masyarakat agar tidak kendor menerapkan protokol kesehatan, mengingat dalam waktu yang tidak terlalu lama Papua akan menggelar Pekan Olahraga Nasional dan Peparnas.

“Beliau sangat berharap PON dan Peparnas nanti bisa ada penonton. Dengan demikian, pak Gubernur minta masyarakat yang belum vaksin bisa membawa diri untuk di vaksin,” ajaknya.

Gubernur Lukas Enembe juga meminta masyarakat khususnya kaum milenial di wilayahnya untuk memaknai peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan baik.

Ia menyampaikan apresiasinya karena upacara peringatan HUT ke-76 RI dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

“Perjuangan untuk mencapai kemerdekaan RI bukan hal yang main-main sehingga harus diimplementasikan dengan baik pula,” katanya.

Dia menjelaskan, Gubernur Lukas Enembe juga meminta agar pelaksanaan upacara di Gedung Negara harus menjadi pertimbangan tersendiri mengenai bukti betapa besar rasa NKRInya kepada negara.

“Meskipun masih dalam kondisi pemulihan, namun Gubernur Lukas Enembe bersikeras memimpin secara langsung upacara HUT ke-76 RI di Gedung Negara Jayapura,” pungkasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY