Gubernur Papua, Lukas Enembe yang diwakilkan Staf Ahli Gubernur Bidang Otsus, Triwarno saat meneken MOU pemberian beasiswa mahasiswa

JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua memberikan beasiswa kepada 1.436 mahasiswa yang tersebar di perguruan tinggi di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Pemberian beasiswa ini sebagai upaya percepatan penyelesaian studi ribuan mahasiswa tersebut.

Pemberian beasiswa ditandai dengan dilakukannya penandatangan nota kesepahaman antara Gubernur Papua, Lukas Enembe yang diwakili Staf Ahil Gubernur Bidang Otsus, Triwarno Purnomo dengan para Rektor, Ketua Sekolah Tinggi dan Direktur Politeknik, berlangsung di Gedung Negara, Kota Jayapura, Kamis (2/9).

Gubernur mengungkapkan bahwa pemberian beasiswa ini untuk membantu mahasiswa yang selama ini terhambat masalah keuangan untuk menyelesaikan pendidikannya.

“Banyak anak-anak kita yang memiliki kemampuan akademik yang cukup baik, namun mereka harus berusaha keras mencari kerja tambahan sebagai buruh untuk biaya pendidikan mereka. Selain itu mereka juga datang dari keluarga yang tidak mampu,” kata Triwarno mewakili Gubernur saat memberikan sambutan.

Menurut Triwarno, kondisi inilah yang membuat Gubernur Papua prihatin sehingga beliau mengambil kebijakan untuk memberikan beasiswa bagi ribuan mahasiswa tersebut.

“Kita semua memiliki tanggung jawab untuk membantu anak-anak kita ini. Karena itu, hari ini dilakukan penandatanganan antara Gubernur dan para Rektor Universitas dan Ketua Sekolah Tinggi serta Direktur Politeknik,” ucapnya.

Semetara itu, Kepala BPSDM Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen menerangkan, ribuan siswa yang menerima beasiswa itu di antaranya 100 orang di Universitas Ottow Gleisser, 200 orang di Sekolah Tinggi Teologia Gidi Papua dan 100 orang di Universitas Yapis.

“Ada pula 137 orang profesi dokter dan 9 orang pendidikan strata tiga untuk tenaga dosen di Universitas Cendrawasih, kemudian 33 orang di Institut Seni Budaya Indonesia dan lainnya,” jelas Aryoko.

Ia menambahkan, dalam rangka meningkatkan daya saing sumberdaya manusia khususnya Orang Asli Papua, Pemerintah Provinsi Papua telah memberikan beasiswa bagi 1.884 orang sejak 2012 hingga 2020.

“Sebanyak 1.156 orang diantaranya adalah penerima beasiswa studi di dalam negeri dengan lokasi studi di 19 kota di Indonesia dan 688 orang lainnya adalah penerima beasiswa studi di luar negeri di 15 negara pada 160 perguruan tinggi,” pungkasnya. (rm)

LEAVE A REPLY